">

Rabu, 13 September 2017

Pemkab Banjar siap ubah RTRW 2013-2032

Martapura : Kabupaten Banjar melakukan peninjauan kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)  Tahun 2013-2032.

Kabupaten Banjar kembali meninjau Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2013-2032. Ada peringatan yang disuarakan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman kepada tim penyusun peninjauan kembali (PK) RTRW, tidak boleh ada kepentingan pribadi masuk saat menyusun kebijakan dan strategi pemanfaatan ruang wilayah tersebut.

“Wajib melepas interest pribadi saat peninjuan kembali. Contoh seperti ini telah ada sejak saya jadi wakil rakyat, ada kepentingan tertentu yang akan memberikan keuntungan masa akan datang,” kata Bupati Banjar H Khalilurrahman mengisi sambutan di Rapat Esposes Pendahuluan PK RTRW Kabupaten Banjar di Mahligai Sultan Adam Martapura, Selasa (12/9/2017).

Ditambahkannya, yang namanya aturan tentu bisa ada perubahan. Aturan saat dibuat sekarang bisa ditinjau ulang lagi oleh anak cucu akan datang, tentu saja sambil melihat perkembangan suatu daerah. Misalnya tentang Kawasan Agro Minapolitan yang jadi program kementerian, sekarang program itu perlu dievaluasi seiring pergantian jabatan menteri yang juga memiliki program lain.

“Jangan juga buat aturan yang justru menghambat ruang gerak kita sendiri. Kadang, suatu kawasan sangat layak untuk perumahan, faktanya masuk kawasan lain, sehingga sulit berkembang,” tuturnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Banjar Mokhamad Hilman menuturnya, tim bekerja berdasarkan SK Bupati Banjar Nomor 188.45/575/KUM/2017 tentang penetapan pelaksanaan peninjauan kembali RTRW Tahun 2013-2032 yang melibatkan beberapa SKPD, akademisi, legislatif. PK sangat terbuka berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang, termasuk amanat Perda No 3 Tahun 2013 tentang RTRW, intinya jangka waktu RTRW Banjar 20 tahun dan dapat ditinjau kembali satu kali dalam 5 tahun.

0 komentar:

Google+ Followers