">

Kamis, 31 Agustus 2017

Pecinta Jengkol di Jakarta Dapat Kiriman Dari Kalsel

Martapura : Kabupaten Banjar Kirimkan 7 Ton jengkol Perhari  untuk para pecinta  jengkol di Jakarta dan sekitarnya.

Saat ini sejumlah daerah di Kalimantan Selatan dan Tengah sedang panen jengkol,sehingga ketersediaannya cukup banyak di pasaran.  Sebagian dari buah jengkol ini juga dijual ke luar Kalimantan,yakni ke Pulau Jawa, khususnya ke Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Ayung (25) salah seorang pengepul jengkol di Desa Tangkas Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan mengatakan, pihaknya mendatangkan jengkol dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Tengah. Untuk saat ini sebagian besar didatangkan dari Puruk Cahu Kalimantan Tengah dan setiap harinya di kirim ke Jakarta melalui perusahaan ekpedisi muatan kapal laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

" Dalam sehari sejak pertengahan Bulan Agustus 2017 ini kami mengirim ke Jakarta rata-rata 7 ton," jelasnya, Rabu (30/8/2017).

Menurut Ayung harga jengkol saat ini kalau dibeli dari para petani antara Rp 10 ribu sampai dengan Rp 13 ribu per kilogram, namun harga tersebut sangat ditentukan juga dengan ketersediaan jengkol itu sendiri.

" Usaha mengirim dan menjual jengkol ke luar daerah yang dilakukan Ayung ini sudah berjalan lebih 5 tahun dan hasilnya cukup lumayan. Selain itu juga turut menciptakan lapangan kerja bagi sejumlah pemuda di desanya, sehingga mengurangi jumlah pengangguran, " ungkapnya.

Ayung menerangkan kendala yang dihadapi dalam penjualan jengkol ke luar daerah, yakni keterbatasab pasokan sebagai akibat panen jengkol yang musiman dan biasanya panen sekitar Bulan Agustus hingga jelang akhir tahun.

0 komentar:

Google+ Followers