">

Selasa, 09 Mei 2017

Razia Tambang Emas Liar di Tahura

Pleihari : Jajaran Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan kembali melakukan penertiban terhadap kegiatan penambangan emas illegal yang berada  di kawasan hutan konservasi di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam.

Kawasan hutan lindung atau konservasi Tahura Sultan Adam menjadi sasaran bagi kegiatan perambahan hutan dan penambangan emas ilegal. Terkait hal itu Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan mulai mengambil tindakan tegas dengan melakukan razia dan penertiban.

Saat di konfirmasi Kadis Kehutanan Kalsel Hanif Faisol didampingi Kabid Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Ridhani menyatakan bahwa kegiatan pengamanan hutan dilakukan dengan melakukan operasi gabungan dengan Polda dan Danrem di areal Tahura Sultan Adam.

" Lokasi yang kami tertibkan kemarin di area Tahura Sultan Adam, tepatnya di Desa Tanjung Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut,"jelasnya, Jumat (24/2/2017).

Menurut Faisol menyatakan sebelum menggelar razia pihaknya melakukan operasi intelijen,sehingga menemukan adanya aktivitas penambangan ilegal. Langkah ini tambahnya mendapat dukungan  personil dari Polda  Kalsel dan Korem 101 Antasari.

Dalam aksi di lapangan lokasi tim penertiban para pelaku perambah hutan dan penambang emas ilegal sudah kabur,tim hanya menemukan beberapa pondok,mesin pompa air ukuran besar yang sudah ditinggalkan pemiliknya. Pondok dan mesin pompa yang ditinggalkan tersebut selanjutnya dimusnahkan petugas dengan cara dibakar.

"Kita mendukung penuh kebijakan dari Pak Gubernur Kalsel untuk memberikan perlindungan bagi keberlanjutan Sumber Daya Alam, untuk itu tujuan kita bukan hanya target kuantitas, tetapi juga kualitas dengan menggerakkan dan merubah perilaku masyarakat,sehingga memiliki kesadaran dan berperan dalam menjaga kelestarian sumber daya alam,"tegas Hanif Faisol.

Selanjutnya Kadis Kehutanan Kalsel ini juga menyampaikan kontinental Pemprov Kalsel untuk melakukan penghijauan dengan slogan Revolusi Hijau guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup dengan caea menanam dan menanam pohon .

0 komentar:

Google+ Followers