">

Selasa, 09 Mei 2017

Jokowi Terima Gelar Kapiteng Lau Pulo

Batulicin :  Presiden Joko Widodo terima gelar kehormatan " Kapiteng Lau Pulo " dari Para Nelayan Suku Bugis di Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,  Minggu (7/5/2017).

Dalam rangkaian kunjungan kerja lintas nusantara, Presiden Joko Widodo  juga menerima penghargaan dari Tokoh Adat Suku Bugis Pagatan berupa pemberian gelar " Kapiteng Lau Pulo " . Pemberian gelar kepada Presiden Joko Widodo ini menurut Lembaga Adat Suku Bugis di Pagatan, karena peran Joko Widodo dalam menjaga kedaulatan laut dan pulaunya. selain itu Gelar adat diberikan sebagai ungkapan rasa suka cita dan terima kasih para nelayan di Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu.

Seusai menerima gelar kehormatan tersebut Presiden Joko Widodo langsung menuju ke lokasi puncak pesta adat laut Mappenretasi di dermaga para nelayan di Pantai Pagatan. Setelah selesai kegiatan di pantai Presiden menuju ke Lapangan  7 Februari tempat sejumlah tokoh masyarakat dan undangan menunggu kedatangannya.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo yang menggunakan pakaian adat setempat menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat maritim yang kehidupannya sangat akrab dengan laut.

" Negara kita adalah negara maritim,nenek moyang kita hidup harmonis dengan laut, dan salahsatunya terlihat melalui Pesta adat laut, Mappenretasi yang dilakukan masyarakat didaerah ini, " jelasnya

0 komentar:

Google+ Followers