">

Minggu, 26 Maret 2017

Belum Ditemukan Hutan atau Tanah Adat di Kalsel

Martapura : Berdasarkan data dan kajian sementara di Kalimantan Selatan tidak ada hutan adat, sehingga tidak perlu ada-adakan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Hanif Faisol menyatakan berdasarkan data yang disampaikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, bahwa di Kalimantan Selatan tidak ada hutan adat.  Namun yang ada hanyalah kelompok sosial warga adat dengan terbentuknya beberapa Balai Adat.

Menurutnya masyarakat Suku Dayak yang biasa melakukan ladang berpindah dan telah melakukan berladang disuatu tempat dan boasa diklaim adalah lahan mereka itulah adalah kepemilikan bersifat pribadi bukan hutan atau lahan adat. Sebab jelas Hanif Faisol kepemilikan hutan adat adalah bersifat komunal.

"Kalau hutan adat tidak ada, jangan diada-adakan,namun jika memang ada atau mendekati seperti hutan adat,kami siap membantu untuk memfasilitasi, "tegasnya, Minggu (26/3/2017).

Selain itu Kepala Dinas Kehutanan ,jika ada hutan adat  dimiliki perseorangan bukan komunal, maka akan menimbulkan raja-raja kecil yang punya keleluasaan dalam pengelolaan hutan. Untuk itulah Pemerintah telah mengaturnya dengan Undang-Undang tentang pengelolaan hutan,termasuk hutan adat.

0 komentar:

Google+ Followers