">

Minggu, 24 April 2016

Upaya Hapuskan Jamban Terapung Melalui STMB

Martapura : Diwilayah Kabupaten Banjar masih terlihat banyak jamban terapung yang dijadikan sebagai tempat Mandi, Cuci,dan Kakus (MCK) oleh masyarakat yang berdampak pada tingginya tingkat pencemaran di air sungai.

Pertemuan STMB atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang dialksanakan di Kantor Bappeda Kabupaten Banjar ,membahas tentang percepatan desa stop buang air besar sembarangan. Pertemuan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar ini langsung dipimpin oleh Sekda Banjar H.Nasrunsyah.

"STMB adalah suatu pendekatan untuk mangubah perilaku kesehatan perorangan dan kesehatan lingkungan melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan dari yang tidak baik menjadi lebih baik dan sehat” jelas Sekda Banjar,Jumat (8/4/2016).

Ia juga mengatakan salah satu strategi yang dapat di lakukan adalah dengan terus meningkatkan pelaksanaan kegiatan STMB sesuai dengan Peraturan Bupati Banjar No 26 Tahun 2015 tentang rencana aksi daerah penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan Kabupaten Banjar.

Salah satu upaya yang di perlukan adalah peningkatan akses masyarakat terhadap sarana air minum dan sanitasi dasar yang berkelanjutan.

“Untuk Itu kepada kelurahan dan desa di wilayah Kabupaten Banjar agar menggalakkan budaya stop buang air besar sembarangan dan kotoran bayi dan balita tidak dibuang sembarangan, salah satunya di buang ke sungai” tambahnya.

0 komentar:

Google+ Followers