">

Senin, 25 April 2016

Gempa Goyang Kalsel

Barabai : Ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah Barabai, Kalimantan Selatan kemaren malam diguncang gempa yang sempat membuat sejumlah warga Kota Apam ini panik.


Sekitar pukul 19.40 Wita Rabu Malam kemaren Kota Barabai dan sekitarnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sempat digoyang gempa selama beberapa detik,dan peristiwa gempa ini menjadi trending topic pembicaraan di jejaring sosial di Kalimantan Selatan.


Menurut Daryono dari BMKG gempa yang terjadi dan dirasakan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Utara di Amuntai tersebut adalah gempa tektonik yang berkekuatan 4,1 skala Righter dan berlangsung selama 3 detik.


"Gempa yang terjadi akibat pergerakan lempeng bumi,yakni sesar aktif berupa sesar geser dan sesar turun," ungkap Daryono,Kamis (7/4/2016)


Sementara itu berdasarkan keterangan Riza salah seorang warga Kota Barabai, bahwa pada saat gempa tektonik tersebut terjadi sejumlah perabot rumah tangga bergerak atau bahkan ada yang berayun,serta sempat menimbulkan suara, seperti suara piring dan cangkir yang bersentuhan dan lainnya.


"Walau sempat dibuat terkejut,tetapi warga tidak menjadi panik,sebab kejadian hanya berlangsung singkat dan tidak ada gempa atau getaran susulan," ungkapnya tenang.


0 komentar:

Google+ Followers