">

Rabu, 04 November 2015

hujan Turun Kabut Asap Menipis Tapi Lahan Gambut Masih Terbakar

Hujan ada beeberapa kali dengan intensitas ringan hingga sedang turun di wilayah lahan gambut yang terbakar,tetapi masih belum mampu menuntaskan dan memadamkan api yang membakar lahan gambut.



Dalam sepekan ini wilayah di Kabupaten Banjar sudah lebih tiga kali hujan turun dengan intensitas sedang. Tetapi hujan yang turun tersebut belum mampu memadamkan secara tuntas lahan gambut yang terbakar,diantaranya lahan gambut di kiri dan kanan Jalan Gubernur Syarkawi Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. 

Berdasarkan pantauan langsung RRI dilapangan, semak dan belukar yang berada diatas lahan gambut dikawasan tersebut tetap mengepulkan asap diantara hijaunya dedaunan tumbuhan, tanpa ada api yang terlihat. api yang membakar lahan ini sudah lebih dari satu bulan merambat perlahan,tanpa bisa dipadamkan secara menyeluruh,meskipun sudah disiram dengan helikopter water bombing dan brigade pemadam kebakaran dari Manggala Agni dan prajurit TNI di Lokasi tersebut. 

"Kalau hujan dengan intensitas biasa saja belum mampu memadamkan lahan gambut yang terbakar,sebab api berada jauh berada dikedalaman tanah yang bisa mencapai 2 meter," tegas Kepala BPBD Kabupaten Banjar Sunarto,Senin (2/11/2015).

Selanjutnya Sunarto menjelaskan,bahwa diperlukan hujan lebat atau intensitas tinggi yang mampu merendam atau membanjiri kawasan lahan gambut,sehingga lahan gambut baru bisa padam secara tuntas.

0 komentar:

Google+ Followers