">

Senin, 31 Agustus 2015

Prediksi Hasil Pemilihan Gubernur Kalsel Dan Bupati Banjar !?

Banjarmasin : Tidak sedikit pertanyaan yang ditujukan kepada wartawan  terkait siapa yang akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan yang akan menjabat pada periode  2016- 2021.

Selesai meliput penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel ada yang biasa ditanyakan oleh masyarakat ataupun dari tim sukses. Pertanyaannya sangat sederhana,yakni menurut kalangan wartawan siapa yang akan menang dan terpilih nanti ?

Pertanyaan tersebut muncul dari masyarakat dan yang lainnya kepada wartawan,karena mereka mungkin beranggapan, bahwa wartawan banyak mempunyai sumber informasi terkait hasil survei , seperti tingkat elektabilitas maupun popularitas para kandidat calon kepala daerah peserta Pilkada tersebut. Untuk menjawab pertanyaan masyarakat tersebut memang cukup sulit dan politik bukan ilmu pasti,sebab peta kekuatan politik selalu bergerak dinamis mengikuti isu-isu politik yang terus berkembang. 

Kalau kita belajar pada pengalaman saat Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Presiden yang terjadi selama ini ,besarnya gerbong partai politik tidak menjadi ukuran sebuah kemenangan,dan bahkan calon independen ada yang berhasil menyingkirkan calon kepala daerah yang didukung barisan partai politik yang besar. Artinya mesin partai politik tidak dapat bergerakatau bahkan tidak bergerak sama sekali,sehingga tidak terlalu bisa diandalkan.

Wartawan atau media bukan seperti Lembaga Survei yang secara lugas menyebutkan angka - angkat tingkat elektabilitas maupun popularitas, tetapi paling bisa menyampaikan laporan atau berita dari lembaga - lembaga survei . Tetapi,walaupun sudah dijelaskan pertanyaan siapa yang akan terpilih terus muncul setiap saat ketika bertemu dengan sejumlah orang atau masyarakat yang mau mencari tahu prediksi kalangan wartawan.

Karena selalu didesak dengan pertanyaan seperti itu,saya sebagai wartawan memberikan jawaban berupa prediksi pasangan yang mana akan terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan diantara 3 Pasangan sebagai berikut :

Pasangan Nomor Urut 1. Zairullah Azhar - Safii 
Pasangan Nomor Urut 2. Sahbirin - Rudy Resnawan
Pasangan Nomor Urut 3. Muhidin - Farid Hasan Aman ( calon perseorangan )

Prediksi siapa pemenang adalah salah satu diantara tiga pasangan ini dengan catatan pasangan tersebut selama tahapan kampanye mampu menarik simpati hati para pemilih, diantaranya dengan memberikan alasan yang paling rasional kepada pemilih, mengapa harus memilih pasangannya dibanding pasangan yang lain,dan dibuktikan pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang di kotak suara.

Hal senada juga berlaku bagi 4 Pasangan Bupati  dan Wakil Bupati Banjar 

Pasangan Nomor Urut 1. Kholilulrahman - Saidi Mansyur
Pasangan Nomor Urut 2. Pangeran Abidinsyah - Mawardi Abbas
Pasangan Nomor Urut 3. Pangeran Chariansyah - A Hafidz
Pasangan Nomor Urut 4. Fauzan Saleh - Teja  ( calon perseorangan )

Siapa yang terpilih akan dipastikan setelah pemungutan dan penghitungan suara dilakukan . Siapapun yang terpilih semoga memberi manfaat bagi kita semua.





0 komentar:

Google+ Followers