">

Minggu, 30 Agustus 2015

Pendidikan Dan Pementasan Budaya Daerah Mamanda

Banjarbaru : Sebanyak 26 orang seniman muda yang berasal dari siswa SMAN 4 Banjarbaru bangga, karena mampu memainkan  dan melestarikan sandiwara khas rakyat Banjar melalui "Seni Mamanda"

Rasa bangga dan senang terpancar dari wajah 26 orang seniman muda yang berasal dari Siswa SMAN 4 Banjarbaru saat mereka mampu memainkan sandiwara khas masyarakat Banjar,yakni Seni Mamanda. Dengan rasa penuh percaya diri mereka ini tampil ditengah banyaknya penonton yang memadati kawasan Minggu Raya Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu malam kemaren (29/8/2015 ).

Tepuk tangan dan gelak tawa para penonton atas penampilan para seniman Mamanda yang masih tergolong remaja ini, membuat semakin tumbuh rasa percaya diri mereka dalam melanjutkan pertunjukan, hingga suasana mejadi tambah meriah.

Guru Kesenian SMAN 4 Drs. Suharto yang menjadi sutradara sandiwara rakyat Seni Mamanda yang berjudul " Bara Api Dari Utara " menyatakan ia ingin terus memajukan seni Mamanda melalui para siswanya yang berminat mengikuti pelajaran seni tersebut. Ia bahkan  berharap SMAN 4 Banjarbaru menjadi menjadi Icon atau identik dengan Budaya Banjar Mamanda di Kota Banjarbaru yang terus dikembangkan dan dilestarikan.

Sementara itu Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarbaru Drs.Sirajul Huda menyatakan, bahwa upaya pelestarian dan pengembangan budaya daerah perlu sekali peran media dalam mempublikasikan penampilan - penampilan para seniman ke masyarakat. Sebab menurutnya dengan ditampilkan di media baik cetak ataupun elektronik,maka budaya daerah menjadi semakin populer, semakin disukai masyarakat. Selain itu ia juga menegaskan melalui peran media, dapat semakin menumbuhkan semangat dan kebanggaan bagi para artis atau senimannya, dan bahkan bisa mendatang pendapatan bagi merea, sehingga upaya untuk melestarikan budaya daerah dapat berjalan dengan baik.






yang  mementaskan Bara Api Dari Utara Karya Drs, Sirajul Huda yang merupakan Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarbaru.

Sabtu malam ( 29/8/2015 ) Minggu Raya di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan semakin meriah dengan digelarnya Pekan Karasmin ( Hiburan Rakyat ) dengan digelarnya Sandiwara Rakyat Banjar atau yang lebih dikenal dengan kesenian Mamanda. Kegiatan ini merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-70 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Banjarbaru dan Dewan Kesenian Kota Banjarbaru.

Pada pergelaran seni Mamanda Malam ini sebanyak 26 seniman muda yang masih tergolong masih remaja,yakni para siswa SMAN 4 Banjarbaru dari Kelas 10, 11 dan 12 dari Sanggar Pahimungan yang memainkan sebuah sandiwara rakyat Banjar .Sandiwara Mamanda ini menceritakan perjuangan rakyat Banjar dalam menghadapi campur tangan Belanda yang menjajah dan mencampuri urusan di Kerajaan Banjar.

1 komentar:

  • PAK JUNAIDI says:
    15 Oktober 2015 14.51

    SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

Google+ Followers