">

Rabu, 01 Juli 2015

Pilkada Serentak Diantara Siap Dan Tidak Siap

Banjarmasin : Pengawasan Pilkada Serentak Pada Verifikasi Faktual Bagi Bakal Calon Kepala Daerah Jalur Independen Tidak Bisa Maksimal Akibat Pelaksanaan Yang Tidak Siap.

Dalam Pekan Ini sejak tanggal 24 Juni 2015 mulai dilakukan verifikasi faktual surat dan bukti dukungan bagi Bakal Calon Kepala Daerah melalui jalur independen mulai dilakukan. Sejumlah kekurangan ditemukan, diantaranya pemilik fotokopi Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) mengaku fotokopi tersebut diambil atau dicatut sebagai bukti dukungan tanpa ia ketahui,sehingga menolak menanda tangani formulir surat dukungan.

Selanjutnya proses verifikasi faktual surat dukungan yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) tidak didampingi Pengawas Pemilu Lapangan ( PPL ), dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan hanya akan mengambil sampel saja dari hasil verifikasi faktual tersebut.

Menanggapi persoalan tersebut Pemerhati Politik dan Mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Banjar Edy Ariansyah menyatakan, bahwa sesungguhnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak tidak siap. Ia mencontohkan ketidak siapan Pilkada serentak tersebut diantaranya, ketidaksiapan anggaran dan aturan atau perundang - undangan yang mengaturnya, seperti fotokopi KTP tidak sama dengan surat dukungan bagi calon jalur independen.

"Saya sebenarnya melihat,Pilkada ini tidak siap secara struktur penyelenggara Pemilu-nya, itu tidak hanya dilihat dari KPU hingga jajaran kebawah, tetapi juga penyelenggara pemilu disisi lain seperti Pengawas Pemilu hingga ketingkat bawah," tegas Edy Ariansyah, Senin ( 29/6/2015 ).

Kemudian mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Banjar  menjelaskan bahwa pengawas pemilu sepertinya dibuat mandul dalam menindak dugaan pelanggaran pidana pemilu seperti tidak adanya sanksi pidana pemilu yang mengatur secara khusus (lex specialis) atas politik uang yaitu jual beli dukungan (mahar) partai politik. Sementara terhadap dugaan dukungan/keterangan fiktif bagi calon perseorangan ketat dan tegas dalam UU Nomor 8 Tahun 2015 Pasal 184.


1 komentar:

  • Mawardi Singgi says:
    3 Juli 2015 13.11

    Deskripsi:

    Penjelasan Produk.
    bahan batu bacan super kristal.
    Kondisi bahan:
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskripsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita.
    - Sesuaikan dengan dana yang anda punya.. jangan terlalu dipaksakan
    - yang ujung - ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain.
    Harga ;
    - 1 ons Rp. 700 ribu
    - 5 ons Rp. 1,5 juta
    - 1 kilo Rp. 2,5 juta

    bagi yang minat hubungi
    - no hp :082291988427
    - pin bb:24D3627B

    stock terbatas
    - siapa cepat dia dapat

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan.
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota

Google+ Followers