">

Jumat, 05 Juni 2015

KABUPATEN BANJAR KEMBALI KUKUHKAN SEBAGAI PERAIH ADIWIYATA TERBANYAK SE-KALSEL

KABUPATEN BANJAR KEMBALI KUKUHKAN SEBAGAI PERAIH ADIWIYATA TERBANYAK SE-KALSEL

Setelah Dua Belas sekolah di Kabupaten Banjar yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Provinsi, kembali di tahun 2015 ini Pemerintah Kabupaten Banjar kembali menambah deretan penghargaan sekolah yang akan mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri. Sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri tersebut adalah SMAN 1 Martapura, SMPN 1 Martapura dan SMKN 1 Martapura.

Kepastian diberikannya penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada SMAN 1 Martapura, SMPN 1 Martapura dan SMKN 1 Martapura tersebut didapatkan dari Surat Undangan yang dikirimkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI. Kabag Humas Rahmaddin mMy menyatakan bahwa undangan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar untuk menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Jum’at tanggal 7 Juni di Istana Bogor, Jawa Barat

Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh saat dikonfirmasi menyatakan ucap syukur yang tak terhingga atas undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI tersebut mengatakan, penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2015 ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi pemerintah Kabupaten Banjar, khususnya dunia Pendidikan di wilayah Kabupaten Banjar.
Melalui penghargaan tersebut ia berharap, sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Banjar, baik sekolah dibawah binaan Dinas Pendidikan maupun sekolah dibawah binaan Kementerian Agama untuk dapat termotivasi guna meniru sekolah-sekolah yang sudah menyandang gelar Adiwiyata Mandiri.

Menurut Sultan H. Khairul Saleh, hal tersebut penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Banjar, serta lebih memantapkan Kabupaten Banjar sebagai Daerah yang berkomitmen tinggi terhadap peningkatan dan pengembangan dibidang pendidikan serta Sumber Daya Manusia.

Sementara itu, Sekolah-sekolah yang telah mendapat penghargaan Adiwiyata di Kabupaten Banjar adalah SMPN 4 Martapura, SDN Indrasari 2 Martapura, SDN Jawa 2 Martapura, SMPN 1 Martapura, SMAN 1 Martapura, SMKN 1 Martapura, SDN Indrasari 1 Martapura, SDN Tanjung Rema, SDN Pasayangan Selatan, SDN Jawa 5 Martapura, SMPN 1 Karang Intan dan SMPN 2 Martapura.

Khusus untuk SMPN 4 Martapura setelah meraih Adiwiyata Mandiri di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah H. Muhammad Arsyad, dan Ketua Komite Sekolah Rahmaddin, MY, tahun 2015 ini SMPN 4 Martapura bersama Komite Sekolah, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pendidikan, Kantor Lingkungan Hidup serta pihak swasta lainnya sedang mengikuti Asean Eco School yang merupakan penghargaan tertinggi di Asean dan terus berupaya merealisasikan program Adiwiyata tingkat ASEAN.

Komitmen tersebut dilakukan, mengingat sekolah sebagai lembaga pendidikan yang didalamnya memuat beragam konsep pembelajaran, serta guru sebagai orang yang paling berperan dalam pembentukan karakter siswa, juga dituntut mampu memberikan pendidikan kepada peserta didiknya (siswa) untuk mau peduli lingkungan serta mau ikut memelihara lingkungan disekitar sekolah serta tempat tinggal masing-masing.

0 komentar:

Google+ Followers