">

Minggu, 14 Juni 2015

Juara Kontes Batu Akik Di Martapura

BATU AKIK GAMBAR KERIS JUARA MJGF DAN KONTES
BATU AKIK DAN RED BORNEO
 
Batu Akik milik Sayyid Ali dari Murung Pasar Martapura dengan warna coklat kehitaman gambar motif keris berwarna putih berhasil menjadi juara I pada ajang Martapura Jewellery And Gems Fair (MJGF) 2015 serta kontes Batu Akik dan Red Borneo yang digelar sejak tanggal 4-7 Juni 2015 dan resmi ditutup secara resmi oleh Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh pada Minggu Malam, 7  Juni 2015 di Guest House Sultan Sulaiman, Jl. A Yani, Sungai Pring Martapura.

Selain Akik dengan motif gambar keris, batu akik warna coklat keabu-abuan dengan gambar motif kucing milik Zul Fuaddin dari Tanah Laut juga terpilih sebagai juara II, serta batu akik warna merah muda bercampur jingga bergambar lafaz Allah juga milik Sayyid Ali dari Martapura juga terpilih sebagai juara III dalam gelaran MJGF 2015 serta kontes batu Akik dan Red Borneo tersebut.

Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh dalam kesempatan tersebut mengatakan, ia atas nama pemerintah Kabupaten Banjar merasa sangat bersyukur serta patut berbangga karena animo masyarakat Kalimantan Selatan dan sekitarnya sangat tinggi terhadap batu mulia dan batu permata termasuk Batu Akik dan Batu Red Borneo.

Ia juga berharap, kedepan pemerintah setempat dapat kembali menggelar pameran batu permata serta kontes batu permata dan Red Borneo dengan skala yang lebih besar lagi, yakni tidak hanya tingkat Kalimantan Selatan, akan tetapi bisa tingkat Kalimantan, bahkan tingkat Nasional.

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan lebih mengenalkan lagi kabupaten Banjar, khususnya Kota Martapura sebagai gudangnya batu permata yang berkualitas tinggi, serta lebih mempertegas Kota Martapura sebagai destinasi pariwisata batu mulia dan batu permata yang wajib dikunjungi oleh setiap wisatawan yang akan berkunjung ke Kalimantan Selatan. 

Sementara itu, Ketua Panitia MJGF 2015 serta kontes batu Akik dan Red Borneo Gusti Abubakar dalam kesempatan tersebut juga mengatakan, sebagai ketua panitia ia tidak menyangka bahwa antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi.

Selain itu, masyarakat yang bertransaksi seperti membeli batu akik yang sudah jadi, serta batuan yang masih mentah dan amban atau ikat batu dalam kegiatan tersebut juga sangat banyak, termasuk masyarakat yang sekedar ingin melihat-lihat beragam batu mulia yang ada dipameran tersebut juga sangat luar bisa.

0 komentar:

Google+ Followers