">

Kamis, 07 Mei 2015

PAUD SDM BANGSA


PAUD INVESTASIPENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

 

Pada umumnya, kita semua tahu bahwa pendidikan anak usia dini itu penting, karena di usia inilah anak membentuk pendidikan yang paling bagus. Di usia inilah anak-anak harus membentuk kesiapan dirinya menghadapi masa sekolah dan masa depan. Investasi terbaik yang bisa Anda berikan untuk anak-anak adalah persiapan pendidikan mereka di usia dini. Hal itulah yang menjadi pokok bahasan pada seminar singkat yang diselenggarakan dalam rangka HUT Ikatan Guru Taman Kanak Indonesia serta Persatuan Guru Republik Indonesia ( IGTKI-PGRI ) yang dilangsungkan pada hari Sabtu (02/05),di Aula Wisma Sultan Sulaiman Martapura.

Seminar yang diikuti sebanyak 1500 Guru TK dan PAUD yang terhimpun dalam organisasi IGTKI-PGRI Se-Kalimantan Selatan ini dihadiri oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUDNI ), Direktorat Jenderal PAUDNI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr.Erman Syamsuddin dan Bunda PAUD Kabupaten Banjar Hj Raudatul Jannah yang kali ini dipercaya menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Tidak ketinggalan juga dalam acara tersebut turut berhadir Ketua IGTKI Provinsi Kalimantan Selatan Lisnawati serta Bupati Banjar yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Kabupaten Banjar Nasrun Syah selaku tuan rumahperhelatan HUT IGTKI-PGRI.

Dalam sambutannya Nasrun Syah mengatakan bahwa semua pelajaran yang diberikan kepada anak didik agar dapat memberikan teladan yang baik. Denga begitumereka akan menjadi anak yangbaik, cerdas, gembira, dan berakhlak.

”Mari kita bekerja dengan penuh dedikasi dan laksanakanlahtugas dengan sebaik-baiknya. Peran kalian para guru sangatlahmulia. Ditangan kalianlah generasi penerus bangsa tercipta sejak dini,” ungkap Nasrun Syah.

Sedangkan dalam paparan singkatnya, Raudatul Jannah menjelaskan bahwa Kabupaten Banjar menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Kalimantan Selatan yang telah memiliki dasar hukum tentang penyelenggaraan PAUD yaitu PERBUP No 07 Tahun 2013. “Bulan lalu menjadi sempel penelitian mewakili pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi dari tim penjamin mutu PAUD Indonesia,” terangnya..

“PAUD Kabupaten Banjar dalam perjalanannya telah mendapatkan berbagai macam penghargaan yang salah satunya penghargaan sebagai Juara 1 Bunda PAUD Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Kategori Kemitraan pada tahun 2014 serta Penghargaan UPAKARTI Kategori Pengabdian pada 15 Oktober 2014,” ujar Raudatul Jannah di sela paparan singkatnya.

Ia juga mengatakan pada tahun 2015 ini PAUD Kabupaten Banjar akan berusaha untuk mencapai Angka Partisipasi Kasar (APK) 80% yang sebelumnya pada tahun 2014 APK PAUD Kabupaten Banjar sudah mencapai angka 76,41%. “Angka ini sudah termasuk pencapaian teritinggi jika dibandingkan dengan PAUD yang ada di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Diakhir paparannya Raudatul Jannah berkeinginan sekali mengantarkan anak bangsamenjadi insan yang cerdas komperehensif sebagai wujud cita-cita besar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia khususnya Kalimantan Selatan.

Dalam kesempatan selanjutnya, Erman Syamsuddin memaparkan bahwa salah satu strategi kebijakan pengembangan PAUD adalah Gerakan Nasional PAUD berkualitas 2015-2019. Gerakan ini dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 19 Maret 2015, yang bertepatan dengan pengukuhan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai Bunda PAUD Indonesia. Serta diperkuat pada saat rembug pendidikan nasional.

“Jadi kedepannya adalah bagaimana strategi pengembangan PAUD berkualitas dan penerapan Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Anak,”tegasnya.

Lebih lanjut iamenyampaikan bahwa Gerakan Nasional PAUD berkualitas ditandai dengan tiga ciri. Pertama penerapan pendirian dan pembagian kelembagaan PAUD sesuai Permendikbud No. 84 tahun 2015 tentang Pendirian satuan PAUD. Kedua pencapaian delapanstandar PAUD yang meliputi standar isi, proses, penilaian, kelulusan/pencapaian perkembangan anak,  pengelolaan, pembiayaan, sarana prasarana, dan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai Permendikbud tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Ketiga implementasi kurikulum PAUD bermain sambil belajar sesuai Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Jadi Program PAUD merupakan salah satu bentuk investasi pengembangan sumber daya manusia yang paling strategissebagai penggerak pembangun bangsa dan negara menuju kehidupan yang lebih baik


0 komentar:

Google+ Followers