">

Minggu, 24 Mei 2015

CALON KEPALA DAERAH PENENTU TINGKAT PARTISIPASI PEMILIH

Pasangan Calon Kepala Daerah merupakan penentu utama tingkat Partisipasi Pemilih Pada Pilkada Serentak Di Indonesia.

" Pasangan Calon Kepala Daerah merupakan daya tarik tersendiri dan daya tarik utama  bagi pemilih untuk datang dan menggunakan hak pilihnya ke Tempat Pemungutan Suara atau TPS," tegas Ketua KPU RI Husni Kamil Manik seusai acara Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Sabtu ( 23/5/2015).

Penegasan itu disampaikan Husni Kamil Manik, bahwa sosialisasi tidak cukup untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pilkada serentak,sebab jelasnya jika Pasangan Calon Kepala Daerah yang ikut dalam Pilkada bukan yang diinginkan pemilih atau bukan yang diharapkan pemilih,tentu para pemilih tidak datang ke TPS dan hal itu akan sangat berdampak pada tingkat partisipasi pemilih. 

Menurutnya pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yang lalu, tingkat partisipasi pemilih mencapai 68 persen  dan ia berharap pada Pilkada selanjutnya dapat ditingkatkan dengan targetnya sama pada Pilpres yang lalu, yakni minimal 72 persen.

Ketua KPU RI Husni Kamil Manik kepada wartawan juga menyatakan, bahwa Kalimantan Selatan sudah 2 kali melaksanakan Pilkada serentak, sehingga  hal itu bukan tidak asing lagi. Tetapi, jelasnya karena aturannya mengalami perubahan, maka perlu perbaikan dan peningkatan pada semua sisi tahapan pelaksanaan Pilkada ( SYAH/



0 komentar:

Google+ Followers