">

Minggu, 31 Mei 2015

BPBD Kabupaten Banjar Terbaik Manajemen Logistik Dalam Menghadapi Bencana

BNPB GELAR MANAJEMEN GUDANG LOGISTIK DI BANJAR
Rabu sore (20/5), Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Bambang Sulistianto saat tiba di bandara Syamsudin Noor, berkenan memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar berupa satu unit mobil tangki air yang diterima secara simbolis oleh Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh. Bantuan tersebut merupakan penghargaan BNPB atas prestasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Banjar yang mampu meraih Juara 1 Terbaik Nasional Pengelolaan Logistik.

Selanjutnya pada malam harinya, BNPB menggelar acara Pembukaan Pemantapan Manajemen Gudang Logistik ,yang akan berlangsung hingga Jumat (22/5), di Hotel Aston Jl. Ahmad Yani Km. 11,8 Kabupaten Banjar dan dihadiri oleh Sekda Banjar Nasrunsyah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Banjar Noor Sunarto dan para peserta dari BPBD se-Kalsel dan luar Kalsel (Kalbar, Kaltim dan Kalteng).

Sekda Banjar dalam membacakan sambutan tertulis Bupati Banjar mengatakan, penanggulangan bencana membutuhkan tindakan yang segera, cepat dan tepat. Salah satu yang penting untuk dicermati terkait penanggulangan bencana adalah ketersediaan logistik.

Manajemen logistik memerlukan data yang akurat agar penanggulangan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat, terutama di daerah rawan bencana seperti di Kabupaten Banjar yang merupakan salah satu daerah di Kalimantan Selatan yang sering dilanda banjir, kebakaran, angin puting beliung, dan rob (air pasang / naik).

“Struktur tanah yang rendah dan tingginya curah hujan, menyebabkan banjir hampir setiap tahun di beberapa desa dan kecamatan di Kabupaten Banjar hampir terendam air,” ungkapnya.
Pada kesempatan ini, lanjut Nasrunsyah,  tidak lupa Pemkab Banjar mengucapkan terima kasih kepada BNPB dan BPBD Kab / kota yang selama ini telah membantu penanganan bencana di Kabupaten Banjar, baik berupa materi tenaga dan bantuan lainnya. 
“Selain itu Pemerintah Kabupaten Banjar berharap BNPB selalu mendukung program kesiapsiagaan seperti penguatan kelembagaan, pelatihan, pendanaan dan pemberian bantuan peralatan,” kata Sekda Banjar

Terkait hal itu, Bambang Sulistianto menyatakan, dalam RPJM BNPB telah direncanakan dan akan dibangun delapan gudang logistik di tiap – tiap pulau besar di Indonesia. 
Mendengar hal tersebut, Sekda Banjar pun berharap segala upaya yang telah dilakukan bersama ini dapat menjadi langkah terbaik bagi penanggulangan bencana agar lebih terkoordinir dan terpadu. 

0 komentar:

Google+ Followers