">

Sabtu, 21 Maret 2015

SAYEMBARA Terbesar Di Indonesia : 5 Juta US Dolar

Bagi mereka yang bisa menemukan dan mengembalikan Gunung Jinjir Walu yang Hilang di Kabupaten Tabalong Bisa menangkan Sayembara senilai 5 juta Dolar Amerika Serikat atau US Dolar!

Bagi mereka yang memiliki referensi terhadap riwayat dan keberadaan gunung tersebut diharapkan dapat memberi masukan .


GUNUNG JINJIR WALU HILANG DARI TABALONG ? 

Bukan Sulap , Bukan Sihir  Ketika Gunung Juga Bisa Hilang, seperti Gunung  Jinjir  Walu !

Setiap tahun produksi batu bara mengalami kenaikan bahkan Produksi Batu Bara di Kabupaten Tabalong dan Balangan yang di eksplorasi Perusahaan Pertambangan  hingga mencapai 80 juta ton pertahun. Dari Data disebutkan Pertambangan Batu Bara didaerah ini sudah dimulai sejak awal tahun 1990-an atau sekitar 25 tahun yang lalu. 

Tahun 2014 dan tahun 2015 produksi batu bara  dikabarkan mengalami penurunan, akibat  harga batu bara dipasar internasional mengalami penurunan. Bahkan diprediksi tahun ini hanya produksi dikisaran 58 juta ton per tahun.

Kalau dihitung- hitung 20 tahun saja di kali sekian juta ton tersebut, kira- kira berapa besar dan berapa gunung yang telah hilang , serta diangkut keluar dari Kabupaten Tabalong dan Balangan ? Kemudian berapa besar, dalam dan luas  kawah yang telah terbentuk akibat aksi eksplorasi ini? 

Apakah alam dan lingkungan semakin baik atau justru semakin rusak?  Apa  kemajuan yang diperoleh Pemerintah Daerah,masyarakat sekitar, kemudian  bandingkan dengan daerah tetangga atau Kabupaten yang tidak melakukan pertambangan batu bara?

Tahukah generasi sekarang yang berusia dibawah 40 tahun, bahwa dulunya di Kabupaten Tabalong ada Gunung Jinjir Walu yang kini telah tiada ,akibat pertambangan? Dulu Gunung Jinjir Walu, menurut cerita lisan seorang Kakek AN  berusia sekitar 80 tahun, warga Kecamatan Murung Pudak, bahwa Gunung Jinjir Walu tersebut merupakan tempat ia dan teman- temannya berburu Pilanduk ( rusa kecil/ kancil) serta hewan buruan lainnya seperti Payau ( kijang ).

Menurutnya Gunung Jinjir Walu, juga berguna untuk menahan kencangnya angin dari laut sebelum menuju ke Kota Tanjung, Ibukota Kabupaten Tabalong . Benarkah cerita kakek itu, bahwa sebelumnya ada Gunung Jinjir Walu dan sekarang telah hilang ? Untuk itu kita harus bertanya kepada siapa ?

Gunung Bisa Hilang dan Berubah menjadi Kawah ? Bukan sulap bukan sihir ,lihat di pertambangan sistem terbuka !  

0 komentar:

Google+ Followers