">

Jumat, 20 Maret 2015

HARGA BAWANG MERAH MEROKET DI KALSEL

Harga Bawang Merah Meroket Di Kalimantan Selatan dari 22 ribu rupiah hingga 35 Ribu Rupiah per kilogram.

Sejumlah kebutuhan pokok di Kalimantan Selatan ,seperti harga  beras mengalami kenaikan,terutama jenis beras lokal seperti beras jenis siam adil dan siam unus. Kenaikannya dari seribu rupiah hingga 1500 rupiah perkilogram . Tetapi kenaikan harga bawang merah yang dirasakan melonjak cukup tajam ,akibat tidak adanya pasokan bawang merah dari pulau Jawa. 

" sebelumnya harga bawang merah hanya Rp 22.000, per kilogram, akibat terjadi kelangkaaan dan kekosongan,maka harganya sekarang menjadi Rp 34.000, perkilogram ," kata Rohimah salah seorang pedagang Bawang dan Beras di Pasar Intan Martapura ( 20/03/2015).

 Menurut Rohimah yang ia ketahui, kenaikan harga bawang merah tersebut akibat terjadinya gagal panen dan kekosongan stok bawang merah yang dikirim dari Pullau Jawa, seperti dari Surabaya ,Jawa Timur  yang menjadi pemasok utama selama ini. Sedangkan bawang merah yang ada di Banjarmasin atau Kalimantan Selatan saat ini  tegasnya , dipasok dari Sulawesi dan bahkan para pedagang dari Surabaya juga ikut mengambil di banjarmasin.

Mahalnya harga bawang merah berdampak bagi para pemilik warung makan atau rumah makan dan sejenisnya, sebab bumbu  masakan yang mereka buat dan masak sebagian membutuhkan bawang merah sebagai bumbu penyedap masakan. Untuk menyikapi hal itu mereka terpaksa mengurangi takaran atau jumlah bawang merah yang dijadikan bumbu. Hal tersebut disampaikan Hamsiah salah seorang pedagang masakan di Martapura yang selalu menggunakan bawang merah dalam campuran bumbu yang ia buat.

0 komentar:

Google+ Followers