">

Rabu, 25 Maret 2015

CALON JEMAAH HAJI NUNUKAN


Calon Jemaah Haji (calhaj) asal Nunukan, Kalimantan Utara yang rencananya akan menunaikan ibadah haji tahun ini dihimbau untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama yang dijadwalkan akan digelar pada bulan April ini.

Hal tersebut merupakan rangkaian persiapan penyelenggaraan keberangkatan calhaj setelah melewati jadwal pemberkasan dan dokumen. Untuk itu, Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan mengeluarkan Pengumuman Nomor :16.04/3/HJ.00/366/2015 yang ditujukan kepada calhaj Nunukan tahun 2015 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahap 1.

 
Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan H. Muh. Tahir mengatakan pemeriksaan kesehatan calhaj tahap 1 akan dilakukan mulai tanggal 1 s.d 30 April 2015 berdasarkan surat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Nomor:440/239/Yankes/DKK-NNK/III/2015 tanggal 5/3/2015 yang ditujukan kepada Kantor Kemenag Nunukan. Pemeriksaan kesehatan dilakukan setiap jam kerja Puskesmas yaitu pukul 08.00 pagi.
"Jadi pemeriksaan kesehatan terbagi 1 wilayah untuk Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan pemeriksaannya di Puskesmas Nunukan, sedangkan untuk calhaj yang berdomisili di Pulau Sebatik dilakukan di Puskesmas Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur,” ucapnya.
Pada saat pemeriksaan kesehatan, ia meminta kepada calhaj untuk menyampaikan riwayat kesehatan tanpa ditutupi sedikitpun termasuk pernah mengalami sakit atau sebaliknya sehingga informasi tersebut disampaikan sejelas - jelasnya kepada petugas medis mengingat hasil pemeriksaan tersebut akan dimasukkan kedalaman rekaman data kesehatan calhaj atau buku kesehatan calhaj yang di keluarkan oleh Dinas Kesehatan Nunukan.
Dikarenakan 45 persen calhaj merupakan warga negara Indonesia yang berdomisili di Tawau Sabah Malaysia, Tahir menghimbau kepada sanak keluarga yang ada di Nunukan untuk menyampaikan informasi ini kepada yang bersangkutan.

"Diharapkan bagi keluarga calhaj yang mengetahui informasi ini agar disampaikan kepada keluarganya yang sudah masuk dalam daftar calhaj untuk melakukan pemeriksaan kesehatannya sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Nunukan," ucapnya.(del


0 komentar:

Google+ Followers