">

Senin, 16 Februari 2015

Sekolah Berwawasan Lingkungan

TANAMKAN PENDIDIKAN BERBASIS LINGKUNGAN
MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA
 
 Dalam rangka mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan bersih, serta mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan  bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang, atau yang lazim disebut dengan Sekolah Adiwiyata, pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat menggelar sosialisasi tentang konsep sekolah Adiwiyata bagi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Banjar, yang digelar Kamis, 13 Februari 2015 di Guest House Sultan Sulaiman, Jl. A. Yani, Sungai Pering, Martapura.
Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh melalui Sekda Banjar H. Nasrun Syah saat membuka acara tersebut mengatakan, saat ini pemerintah Kabupaten Banjar sedang gencar mensosialisasikan arti pentingnya pola hidup sehat bersih, serta ramah lingkungan.
Untuk mewujudkan komitmen daerah tersebut, semua elemen masyarakat dituntut untuk mau ikut berpartisipasi, serta mau turut serta dalam merealisasikan segala program yang berkaitan dengan cita-cita mulia tersebut.
Menurut H. Nasrun Syah, sekolah sebagai lembaga pendidikan yang didalamnya memuat beragam pembelajaran, serta guru sebagai orang yang paling berperan dalam pembentukan karakter siswa, juga dituntut mampu memberikan pendidikan kepada peserta didiknya (siswa) untuk mau peduli tentang kesehatan, peduli lingkungan serta mau ikut memelihara lingkungan disekitar sekolah serta tempat tinggal masing-masing.
Dengan demikian, sosialisasi tentang konsep Sekolah Adiwiyata bagi guru-guru dilingkungan dinas pendidikan kebupaten Banjar, serta kementerian agama kabupaten Banjar dirasa sangat penting dan tepat dalam rangka menyamakan gerak dan langkah guna mewujudkan generasi muda kabupaten Banjar yang peduli lingkungan.
Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebupaten Banjar H. Farid Sofyan dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan, Sekolah Adiwiyata adalah Sekolah yang didalamnya memuat pendidikan tentang kepedulian terhadap lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah.

 Dengan adanya program Sekolah Adiwiyata diharapkan lembaga sekolah dengan segenap perangkat sekolah yang ada, serta masyarakat di sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang bersih, indah, rapi dan hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita, serta juga berdampak pada kesejukan bagi lingkungan sekitar.

0 komentar:

Google+ Followers