">

Jumat, 27 Februari 2015

BUKU REKENING SAMPAH DI KABUPATEN BANJAR

LEBIH BAIK HIDUP DARI SAMPAH DARI PADA HIDUP MENJADI SAMPAH
 
Lingkungan hidup saat ini menunjukan gejala yang makin memprihatinkan, mulai dari pencemaran air sungai baik yang disebabkan pembuangan limbah pabrik maupun limbah domestik, pencemaran udara yang disebabkan karena pembuangan gas emisi baik dari pabrik maupun kendaraan bermotor, hingga masalah krisis air bersih yang makin mengancam di masa yang akan datang.
Untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar Bersama Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudatul Janah Pada Peringatan Hari Sampah Nasional yang di adakan pada hari Rabu (25/02) di Koplek Pemilahan Sampah Kelurahan sekumpul, mendeklarasikan gerakan tiga jari pengelolaan sampah : pilah , kompos dan daur ulang menuju Indonesia bersih sampah 2020 .
Menurut Lurah Sekumpul Gt Marhusin dalam sambutan nya mengatakan bahwa gerakan ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya memilah, mengkompos, dan mendaur ulang sampah secara berkesinambungan melalui pencanganan Gerakan Tiga Jari Kelola Sampah.” Gerakan ini bermaksud untuk membangun komitmen bersama antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam mengolah sampah”Ujar Gt Marhusin.
Disela Sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudatul Janah menyebutkan Dalam rangka upaya mengurangi sampah maka kita harus merubah mindset kita dari cara pandang sampah hanya sebagai waste yang harus dibuang menjadi sumber daya yang dapat dimanfaatkan dan bahkan bernilai ekonomi. Kita semua juga mungkin sudah tahu banyak para pelaku sector informal yang melakukan usaha dengan berbahan sampah tersebut sehingga bagi mereka sampah bukan masalah tapi berkah.
“Melalui Gerakan dan tindakan nyata mengelola sampah dengan benar dapat dilakukan mulai dari yang paling sederhana, seperti memilah, mengubah sampah menjadi kompos di rumah-rumah kita, sampai dengan mengolah dan memanfaatkan sampah dalam skala bisnis yang besar dengan menggunakan teknologi tinggi”Tandas Raudatul Janah.
Dalam menunjang gerakan tiga jari ini Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Ir H Nasrunsyah menjelaskan akan pentingnya Bank Sampah dalam kehidupan masyarakat, karena bank sampah Bank Sampah adalah sebuah kreasi inovatif yang dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan nilai ekonomi yang terkandung dalam sampah, dan secara tidak langsung dapat mengurangi sampah yang dibuang

0 komentar:

Google+ Followers