Jembatan Penghubung Desa Abumbun Jaya Rusak Berat

Martapura- Jembatan kayu ulin yang menghubungkan warga Desa Abun Bun Jaya, Komplek Purnawirawan Angkatan Laut, Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar mengalami rusak berat akibat usia yang tua dan diterjang aliran air dan rumput yang menyumbat serta menghantam tiang jembatan. 

Akibatnya jembatan mengalami rusak berat ini sekitar 2500 orang penduduk yang tinggal disekitar lokasi desa ini terpaksa mencari jalan alternatif untuk bisa keluar desa. Selain itu warga juga terpaksa memperbaiki secara dengan bahan seadanya ,seperti kayu galam , batang kayu akasia dan batang pohon kelapa secara swadaya agar bisa digunakan secepatnya. 

" kami terpaksa secara swadaya memperbaiki jembatan ini,karena kami sudah lama memohon kepada Pemerintah Kabupaten Banjar, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi,bahkan secara lisan sudah disampaikan ke bapak Gubernur," kata salah seorang tokoh Pemuda Desa Abun Bun Jaya Muhammad Surya (31/12/2014).

Menurut Muhammad Surya Jembatan sejak dibangun sekitar 5 tahun yang lalu hingga sekarang belum  pernah diperbaiki Pemerintah dan perbaikan dilakukan hanya oleh warga secara swadaya. Padahal jelasnya jembatan ini sangat vital bagi warga desa Abun Bun Jaya ,sebab digunakan juga untudk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan warga, seperti sayur sayuran. 

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Banjar Muhammad Hilman saat dikonfirmasi melalui Sambungan Telepon, mengatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan persoalan perbaikan tersebut kepada Dinas PU provinsi dan Balai Sungai Kalimantan 2, namun belum mendapat tanggapan , dan karena sangat mendesak, maka tegas Muhammad Hilman Pihaknya telah mengusulkan perbaikan tersebut pada APBD Tahun 2015 dan telah disetujui untuk dilaksanakan Pembangunan Jembatan yang lebih Representatif di Desa Abun Bun Jaya Tersebut.