">

Selasa, 28 Oktober 2014

Karnaval 1 Muharram Di Martapura

Ribuan Masyarakat Saksikan Pawai 1 Muharram 1436 H
Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 H tahun 2014 di Kabupaten Banjar , berlangsung penuh khidmat dan meriah.  Ribuan masyarakat dari berbagai pelosok , Sabtu (25/10) pagi , telah memadati   Halaman Kantor Bupati Banjar ,  Jalan A Yani Km 40, Kota Martapura ,   untuk menyaksikan serangkaian acara menyambut hari besar bagi ummat Islam ini.

                Seperti pada tahun tahun sebelumnya, salah satu rangkaian acara Peringatan 1 Muharram di daerah berjuluk ladangnya ulama dan santri  ini adalah Pawai 1 Muhaharram dengan peserta seluruh Taman Pendidikan Alquran (TK/TPA) se Kabupaten Banjar.

                Pawai  Islami yang merupakan agenda rutin tahunan Pemkab Banjar  melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan BKPMRI disambut penuh antusias masyarakat, tak hanya dari Kabupaten Banjar tetapi juga Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

                “Setiap tahun saya mengajak keluarga untuk menyaksikan Pawai 1 Muharram di Kota Martapura. Selain lebih menarik  dan ramai pawai 1 Muharram di Martapura lebih berkesan religius dan sarat ibadah,” ucap Wawan Setiawan, warga Kompleks Andai Persada Kota Banjarmasin saat ditemui di tempat acara.

                Menurut Wawan alasan keluarganya memilih menyaksikan Pawai 1 Muharram di Kota Martapura  karena pasti lebih berkesan dan diikuti ratusan anak santri Alquran. Pertimbangan lain bisa sekalian ziarah ke tempat-tempat religius di Kota Martapura.

                Hal senada diutarakan Hj Kurnia warga Kertak Hanyar.  Menurut Hj Kurnia, hampir setiap tahun keluarganya selalu menyaksikan pawai 1 Muharram di Kota Martapura.  Pawainya lebih menarik karena pesertanya para santri belia lengkap dengan busana islami dan bisa menjadi media edukasi bagi anak anak kita.

                “Terlebih para santri dan santriwati mengusung spanduk –spanduk bertema isalami yang bisa membangkitkan kecintaan kita kepada Allah dan Nabi Muhhammad SAW.  Kami sangat terkesan dengan pawai 1 Muharram di Kota Martapura,” ucapnya.

                Sementara itu  hadir pada Pawai 1 Muharram 1436 H dilepas oleh  Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Dra Hj Raudatul Jannah MSi, bersama Sekda Banjar H Nasrun Syah,  para tokoh  ulama dan masyarakat, tuan guru dan diikuti seluruh ustadz/ustazah se Kabupaten Banjar.

                Sekda Banjar H. Nasrun Syah atas nama pemerintah kabupaten Banjar dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada seluruh lapisan masyarakat terutama keluarga besar para santri dan santriwati yang turut berpatisipasi di kegiatan 1 Muharram 1436 H.

                “Ungkapkan terima kasih juga saya sampaikan kepada pengurus BKPMRI dan pihak terkait yang dengan kerja keras dam ketulusan mampu melaksanakan tugas mulia ini,” ucap Sekda .

                Seperti  pada  pawai tahun sebelumnya,  panitia menyediakan hadiah berupa trofy dan piagam penghargaan serta  uang pembinaan bagi  peserta pawai 1 Muharram terbaik.
                Sekretaris Disbudparpora Drs H Abdul Gani Fauzi selaku ketua panitia gelaran pawai muharram 1436 H  mengucapkan rasa syukur  dan terima kasih mendalam atas partisipasi masyarakat yang sangat antusias guna memeriahkan tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharram.
Selain itu ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kelancaran dan kemeriahan kegiatan  pawai 1 Muharram 1436 H.  Semoga Kabupaten Banjar semakin dilimpahkan anugerah keberkahan dari Allah SWT “tandasnya

0 komentar:

Google+ Followers