">

Kamis, 11 September 2014

Raih WTN, Banjar Dapat Rp 1 M dan Bus Sekolah



Kerja keras Pemkab Banjar untuk melakukan pembenahan dan tata kelola perhubungan dan lalu lintas guna meningkatkan kualitas keselamatan berkendara masyarakat mendapat apresiasi tinggi dari Presiden melalui Kementerian Perhubungan RI.
Bertempat di Gedung Smesco UKM Jakarta, Rabu (10/9), Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk Kota Martapura Kategori Kota Sedang.

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melalui Menteri Perhubungan EE Magindaan mengatakan, penghargaan WTN diberikan kepada Kabupaten Banjar dan beberapa daerah lain di Indonesia adalah sebuah apresiasi pemerintah kepada kepala daerah yang dinilai memiliki komitmen dan kepedulian tinggi bagi peningkatan kualitas keselamatan berlalu lintas.

“Kita ucapkan selamat kepada kepala daerah penerima WTN dan sebagai apresiasi daerah kabupaten/kota yang menerima penghargaan akan mendapat dana pusat berupa DAK di bidang perhubungan sebesar Rp1 miliar ditambah satu unit mobil sekolah,” jelas Magindaan.

Diutarakan, penilaian untuk daerah yang mendapatkan WTN dilakukan secara selektif oleh tim terkait setelah melakukan peninjauan langsung ke lokasi serta berdialog dengan masyarakat setempat.

“Penilaian dilakukan secara profesional dan selektif dengan kriteria-kreteria berstandar nasional. Jadi bagi daerah yang mendapatkan penghargaan WTN adalah murni dari kondisi ril lapangan,” tandasnya.

Menurut Ketua Tim Penilai Wahana Tata Nugraha Ir. J. E. Wahjuningrum, MsTr, Kota Martapura dianggap layak menjadi salah satu kota peraih penghargaan bergengsi tersebut. Ini karena selain memiliki Terminal Regional Tipe A di Km 17 Kecamatan Gambut dan pembangunan Gedung UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Gambut juga inovasi-inovasi bagi peningkatan kualitas keselamatan berlalu lintas.

Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh didampingi Kadishubkominfo Aidil Basith dan Kabag Humas Setda Banjar Rahmadin MY, di sela-sela penganugerahan menyatakan penghargaan diberikan terkait indikator pengaturan lalu lintas dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan.

Kabupaten Banjar telah meningkatkan beberapa program strategis untuk kenyamanan pengguna jalan seperti Rencana Induk Pengembangan Lalu Lintas Angkutan dan Jalan, Dokumen Tatanan Transportasi Lokal, Masterplan Transportasi Pengembangan Angkutan Umum, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Penerapan Audit Keselamatan Jalan Wilayah Kota Martapura, Penyusunan Load Faktor Angkutan, Rehabilitasi Terminal Martapura, Rehabilitasi Fasilitas Keselamatan dan Pengembangan Angkutan Umum.

0 komentar:

Google+ Followers