">

Kamis, 04 September 2014

Pembekalan dan Uji Kompetensi Manajer Pelaksana Jalan Pemkab Banjar



Kualitas Sumber Daya manusia merupakan salah satu unsur utama dalam percepatan pertumbuhan di sektor Ekonomi Nasional. Pemenuhan kebutuhan tenaga kerja yang professional, handal, beretika dan berdaya saing tinggi merupakan program yang harus diprioritaskan, tidak terkecuali tenaga kerja di sektor kontruksi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Kabupaten Banjar melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembekalan dan Uji Kompotensi Manajer Pelaksana Jalan, Selasa (2/9) di Hotel Roditha Banjarbaru.
Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten II Setda Banjar Drs Masruri MM mengatakan, salah satu cara dan sarana yang dapat ditempuh untuk lebih meningkatkan kompetensi, kehandalan, propesionalitas dan daya saing adalah dengan mengadakan kegiatan pendidikan, pelatihan dan uji kopetensi.

Disamping ada keharusan perundang-ungdangan yang menuntut adanya sertifikat kompetensi sebagai bentuk identitas dan pengakuan akan kemampuan, keterampilan serta keahlian dan memenuhi standar kompetensi tertentu yang siap tidak hanya untuk pasar dalam negeri, tetapi juga untuk pasar luar negeri, yang dimiliki seorang pelaku sektor kontruksi.
Ia berharap agar peserta selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya agar dapat berkompetisi dalam kegiatan pekerjaan konstruksi di Kabupaten Banjar, sehingga dapat menyumbangkan kemampuannya bagi kemajuan pembangunan di masyarakat, serta hasil dari pelatihan ini sangat penting sebagai bekal pelaksana lapangan pekerjaan jalan yang kompoten, handal, beretika dan berdaya saing di sektor kontruksi sehingga lebih baik lagi.

Sementara itu Kasi Bina Teknik Kontruksi Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Banjar Sri Armela Suryani, ST MT selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, Pelatihan Pembekalan Uji Kompetensi Menajer Pelaksana Jalan ini bertujuan diharapkan dengan pembekalan dan uji kompetensi manajer pelaksanan jalan ini Sumber Daya Manusia yang tersedia di sektor kontruksi dapat menjadi pelaksana lapangan pekerjaan jalan yang kompoten, handal, beretika dan berdaya saing.

Dengan upaya tersebut di harapkan para pelaksanan lapangan pekerjaan jalan mampu menerapkan pelaksanaan pekerjaan jalan, sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3), dan ketentuan pengendalian lingkungan kerja sesuai peraturan perundang-undangan.
Adapun Pelatihan pembekalan uji Kompetensi manager pelaksana jalan di Kabupaten Banjar diikuti sebanyak 30 orang, dan dilaksanakan dari tanggal 2 sampai dengan 4 September 2014 di Hotel Rodhita Banjarbaru, dengan narasumber yang sudah berpengalaman dari politeknik Negeri Banjarmasin dan Assesor dari HPJI Kalimantan Selatan.

0 komentar:

Google+ Followers