">

Senin, 14 Juli 2014

Waspadai Minuman Dan Makanan Mengandung Zat Berbahaya

Dalam rangka keamanan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, maka Dinkes Banjar bersama Balai Besar POM Banjarmasin, melaksanakan pengawasan makanan dan minuman dengan melakukan sidak di Pasar Wadai Ramadhan Martapura, Kamis sore (10/7).

Pasar yang terletak di Alun-alun Ratu Zalekha dan dibuka sejak awal Ramadhan lalu ini banyak menjual berbagai jajanan khas bulan suci ramadhan seperti kue , makanan ,minuman dan lainnya yang sangat nikmat untuk disantap pada saat berbuka puasa ataupun pada saat waktu sahur.

Guna mencari tahu kualitas serta kelayakan makanan yang dijual para pedagang ini. Tim dari BBPOM Banjarmasin pun selanjutnya berkeliling pasar dan menguji 60 item makanan minuman saat itu juga di mobil Laboratorium Keliling.
Sedangkan Dinkes Banjar bersama UPT.

Laboratorium Kesehatan Air Dinkes Banjar mengambil 10 sampel yang terdiri dari Agar – Agar Orange, Sagu Mutiara, Ikan Asin Tulang  Masak Asam, Temu Lawak “Sani”, Es Tebu Herbal, Bingka Berandam, Pisang Ijo, Putu Mayang, Agar – Agar Gula Merah dan Ayam Tepung “Ujang”.
Alhasil dari pengujian semua sampel makanan-minuman tersebut, BBPOM Banjarmasin dan Dinkes Banjar mendapatkan hasil yang sangat memuaskan yaitu negatif, artinya aman untuk di konsumsi karena sama sekali tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti Rhodamin B (pewarna tekstil), Boraks (bahan Pengawet) ,Formalin (bahan pengawet), Siklamat, Sakarin dan Metanil Yellow.

Dengan hasil ini, Kabid  P2PL Dinkes Banjar Maulidin Noor,SKM,MPH yang memimpin operasi pengujian sampel makanan tersebut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para penjual jajanan di Pasar Ramadhan Martapura karena masih  memperhatikan standar kesehatan dan keamanan makanan layak konsumsi bagi masyarakat Kabupaten Banjar.
Namun Maulidin juga menghimbau kepada para penjual agar selalu menggunakan penutup makanan dan tetap memperhatikan kebersihan penyajian makanan itu sendiri, guna mengurangi debu ,kuman atau bakteri  yang masuk ke makanan yang mereka jual

Sedangkan Tim BBPOM Banjarmasin yang dipimpin Drs. Zulfadli,Apt, (Kepala Bidang Pengujian Pangan, Bahan Berbahaya dan Mikrobiologi) sangat mengapresiasi segala upaya yang dilakukan oleh pedagang  dalam mewujudkan makanan sehat berkualitas di Pasar Ramadhan Martapura Kabupaten Banjar ini.
Selanjutnya Zulfadli bersama timnya akan tetap berkomitmen untuk berkeliling menguji kualitas  makanan yang dijual pada pasar- pasar ramadhan di setiap kabupaten dan kecamatan  di Provinsi Kalimantan Selatan, agar para konsumen tidak waswas dalam membeli makanan dan minuman yang akan mereka nikmati  saat berbuka puasa atau pada waktu  sahur di bulan Suci Ramadhan 1435 H ini.  (ronie/yani)
 

0 komentar:

Google+ Followers