">

Kamis, 24 Juli 2014

TIGA KOPERASI BANJAR BERPRESTASI DI TINGKAT NASIONAL



Diantara permasalahan yang kerap dihadapi koperasi di Indonesia saat ini, adalah keterbatasan koperasi dalam mengakses sumber permodalan, teknologi, informasi dan lemah dalam manajemen organisasi. Kenyataan tersebut secara tidak langsung berdampak pada lemahnya posisi tawar koperasi ditengah-tengah masyarakat selaku pengguna koperasi serta pihak pemodal sebagai penyokong dibidang permodalan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh saat memimpin apel gabungan lingkup pemerintah kabupaten Banjar, sekaligus Peringatan Hari Koperasi tingkat Kabupaten Banjar tahun 2014, yang digelar pada Senin, 21 Juli 2014 bertempat di halaman kantor Sekretariat Daerah kabupaten Banjar, Martapura
Beberapa usaha yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan posisi tawar koperasi tersebut adalah dengan menjalin kemitraan dengan badan usaha lain, seperti Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan pihak swasta.

Sultan H. Khairul Saleh memaparkan, saat ini Kabupaten Banjar terus berupaya melakukan program-program dalam rangka meningkatkan kinerja koperasi, seperti pada tahun 2014 ini telah dijalin kerjasama kemitraan antara 5 ( lima ) koperasi di Kabupaten Banjar dengan perusahaan perkebunan sawit PT. Borneo Indo Tani dalam pola inti plasma. Kerjasama ini melibatkan sekitar 1.000 ( seribu ) anggota koperasi / petani plasma.

Selain itu, berkat komitmen dan kerja keras yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, serta didukung para pengelola koperasi yang ada di Kabupaten Banjar, Pada tahun 2014 ini, beberapa koperasi dari Kabupaten Banjar mendapatkan penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional yang diserahkan pada acara peringatan Hari Koperasi Nasional tahun 2014 yang digelar di Medan Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

Koperasi yang berprestasi tersebut adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPN) Barakat Mandiri Kantor Pemerintah Kabupaten Banjar, Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) Darussalam Martapura, serta Koperasi Siswa Mandiri SMKN I Martapura, selain itu kabupaten Banjar juga memiliki satu koperesi yang berprestasi ditingkat provinsi Kalimantan Selatan yakni Koperasi Serba Usaha (KSU) Khairul Ikhwan Martapura.

Dengan terpilihnya beberapa koperasi yang ada di kabupaten Banjar sebagai koperasi yang berprestasi, baik berprestasi ditingkat Nasional maupun di tingkat Provinsi, maka kita semua perlu bersyukur dan merasa senang, serta kedepan segala prestasi tersebut dapat menjadi pemicu semangat bagi semua koperasi yang ada di Kabupaten Banjar untuk bisa menjadi koperasi yang handal, serta mampu mensejahterakan anggota serta pengurusnya.

0 komentar:

Google+ Followers