">

Senin, 21 Juli 2014

Batasmiah TPA Cahaya Kencana


TPA PADANG PANJANG KINI BERNAMA TPA CAHAYA KENCANA
Setelah Kota Martapura mendapatkan penghargaan berupa Adipura Kencana dengan Kategori Kota Kecil yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI H. Budiono, Kamis, 8 Juni 2014 di Istana Negara Jakarta, semangat untuk terus menggelorakan situasi dan kondisi lingkungan Kabupaten Banjar, khususnya Kota Martapura sebagai Ibu Kota Kabupaten yang bersih, rapi, indah serta nyaman terus digaungkan oleh pemerintah setempat.

Selain memacu masyarakatnya untuk terus mau peduli terhadap lingkungan, pemerintah Kabupaten Banjar juga terus melakukan pembenahan terhadap fasilitas pendukung untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, rapi, indah serta nyaman tersebut.

Fasilitas pendukung yang menjadi perhatian serius pemerintah setempat adalah  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah milik Pemerintah Kabupaten Banjar yang berada di Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan.

Sejak ditetapkannya Martapura sebagai peraih Adipura Kencana 2014 dengan kategori Kota Kecil, Sebagai rangkaian rasa sukur kepada Allah SWT, dan ucapan terimakasih kepada dinas dan instansi yang menangani kebersihan, para petugas kebersihan dan penata taman atas kerja keras dan dedikasinya dibidang kebersihan dan penataan lingkungan, secara resmi Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh, Senin, 10 Juni 2014 menamakan TPA Padang Panjang menjadi TPA Cahaya Kencana.

Sultan H Khairul Saleh saat meresmikan penamaan TPA Padang Panjang menjadi TPA Cahaya Kencana mengungkapkan, TPA Padang panjang saat ini kondisinya sangat bagus dan representatif sebagai TPA.

Hal tersebut dapat dilihat dengan beragam fasilitas yang tersedia di TPA, seperti pengolahan sampah menjadi gas metan, daur ulang sampah menjadi barang yang bernilai jual serta berharga, dan TPA Padang Panjang juga dapat dijadikan sebagai kawasan pendidikan (edukasi) yang berbasis lingkungan.

Dengan demikian, setelah diresmikannya penamaan TPA Padang Panjang menjadi TPA Cahaya Kencana pihaknya melalui dinas terkait, akan terus menambah fasilitas-fasilitas pendukung di TPA tersebut.

Menurut Sultan H Khairul Saleh, penambahan fasilitas pendukung tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kenyamanan di TPA, serta menjadikan TPA tidak hanya sebagai wadah pembuangan ahir sampah ataupun limbah yang berasal dari masyarakat, akan tetapi lebih dari itu, TPA harus juga dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam arti luas, seperti dapat berfungsi sebagai sarana edukasi dibidang lingkungan, dan sampah yang ada dapat diolah dan didaur ulang sehingga dapat mengahasilkan sesuatu yang bernilai secara ekonomis.      

0 komentar:

Google+ Followers