">

Senin, 14 Juli 2014

Bantuan Kesultanan Banjar

Pasar Rakyat Kesultanan Bantu Masyarakat
               
                Wajah Noor Hasanah wanita paro baya warga Desa Lampihong berbinar-binar usai membeli satu paket sembako murah dalam gelaran pasar rakyat  Kesultanan Banjar, Sabtu (12/7) lalu. Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini tak kuasa menahan haru karena kegiatan pasar rakyat tersebut sangatlah membantunya untuk membantu agar asap dapurnya tetap mengepul.

                Apalagi, menurutnya kegiatan Pasar Rakyat Kesultanan Banjar ini baru kali ini dilaksanakan di desanya yang mayoritas bekerja sebagai petani dan berkebun. “Hasil bahuma kada cukup mun kada mencari penghasilan lain makanya sembako murah ini sangat membantu,” kata Noor Hasanah.

                 Warga lainnya Noor Hidayah mengatakan kami benar-benar terbantu dengan penjualan paket sembako murah dari Kesultanan Banjar.  Harga paket sembako yang dijual sangat miring dibandingkan dengan harga pasaran. “

                “Terima kasih buat Pak Khairul Shaleh atas kegiatan pasar rakyat Kesultanan Banjar,” ucap Noor Hidayah (55) .
                Pasar rakyat di Lampihong ini direspon sangat positif oleh warga. Terbukti ketika kegiatan dimulai warga langsung menyerbu tempat penjualan paket sembako murah yang terdiri dari gula dan tepung satu kilogram, minyak goreng satu liter, teh celup sekotak dan mentega.

                 Masyarakat mengungkapkan terima kasih atas kepedulian Kesultanan Banjar yang dipimpin Sultan Khairul Shaleh ini membantu meringankan ekonomi masyarakat.
                Masyarakat Lampihong sejak lama mengharapkan ada  lembaga sosial maupun organisasi masyarakat yang  menggelar pasar murah karena sangat membantu masyarakat. Terlebih menghadapi puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H, di mana harga sembako relatif mahal
                Antusias masyarakat terhadap kegiatan sosial Kesultanan Banjar itu  juga bisa dilihat pada Pasar Rakyat yang dilaksanakan di Kecamatan Batumandi esok harinya tepatnya Minggu (13/7).     
 
Warga Batu Mandi langsung menyerbu paket sembako murah. “Kalau bisa  pasar rakyat ini dilaksanakan dua tau tiga kali dalam setahun atau ditambah kegiatan sosial lain seperti sunatan massal, pengobatan gratis dan lomba –lomba sejarah Kesultanan Banjar,” ucap Subandi Noor (60) warga setempat.

                Subandi mengungkapkan sangat apresiasi terhadap kegiatan pasar rakyat Kesultanan Banjar. Menurutnya kegiatan ini sangat membantu masyarakat terlebih menghadapi bulan puasa dan lebaran di mana harga sembako di pasaran mulai melonjak.

                Sementara H Fauzi Gani, Koordinitor Pasar Rakyat Balangan mengatakan masyarakat sangat mengharapkan Sultan H Khairul Saleh bisa langsung bersilaturahmi dengan mereka. Kehadiran Sultan Banjar itu sangat dinantikan karena selama ini mereka belum berkesempatan bertemu langsung atau dialog dengan pria yang dikenal dekat dengan rakyat itu.

                Sementara kegiatan pasar rakyat di  Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru juga tak kalah ramai.  Di Tanah Bumbu kegiatan dilaksanakan di empat desa di tiga kecamatan yaitu Desa Pagatan  Kecamatan Pagatan,  Desa Sebamban I Kecamatan Sungai Loban, Desa Tungkaran Pangeran dan Desa Segumbang Kecamatan Batulicin.

                Koordinator kegiatan H Noor Sunarto SSos, kegiatan pasar rakyat di Batulicin ini disambut antusias masyarakat setempat. Terbukti hanya dalam hitungan beberapa jam sembako murah bantuan dari Sultan H Khairul Saleh itu ludes  terjual. Pasar Rakyat Kesultanan Banjar ini juga berlangsung di seluruh Kabupaten/Kota se Kalsel dengan lokasi yang berbeda.

                “Pasar rakyat  ini merupakan  salah satu kegiatan sosial yang dilaksanakan Kesultanan Banjar. Kesultanan tidak hanya menggelar aksi sosial tetapi juga menjadi benteng pondasi budaya lokal agar tetap lestari sesuai kearifan kehidupan Urang Banjar,” terang Pangeran Abdinsyah, Koordinator Pasar Rakyat Kotabaru

0 komentar:

Google+ Followers