">

Sabtu, 31 Mei 2014

Kampung Siaga Bencana



Sebagai daerah menyandang predikat terbaik nasional di bidang pencegahan dan penanganan bencana, Kabupaten Banjar terus siaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah bencana.


Seperti yang dilaksanakan, Kamis (22/5), Pemerintah Kabupaten Banjar bersama warga masyarakat Kampung Siaga Bencana menggelar apel siaga bencana, yang dilaksanakan oleh Tagana (Taruna Siaga Bencana) dari Dinas Sosisal Kabupaten Banjar, di lapangan sepak bola Sungai Nyai Ratu Desa Tanah Abang, Kecamatan Mataraman.
Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh dalam naskah pidatonya dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Ir H Nasrunsyah MP, mengungkapkan, sangat mendukung dan juga mengapresiasi pembentukkan kampung siaga bencana, dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Saya atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi setinggi-tingginya program pemerintah pusat ini, yang mana memprioritaskan masalah kemanusiaan”, ungkap dia.
Kemudian Khairul Saleh juga menjelaskan, dalam Kampung Siaga Bencana masyarakat yang berada di daerah rawan bencana diberdayakan serta ditingkatkan dengan cara meningkatkan kapasitas mereka, dan sekaligus menginisiasi adanya suatu prasarana penanggulangan bencana seperti, lumbung sosial dan juga gardu sosial penanggulangan bencana.

Kepada masyarakat Sungai Nyai Ratu Desa Tanah Abang, dia juga mengatakan tujuan didirikannya Kampung Siaga Bencana yang merupakan program nasional penanggulangan bencana berbasis masyarakat, agar para warganya siap, tanggap, dan cepat dalam menghadapi dan menanggulangi masalah bencana alam yang tidak dapat diramalkan kapan datangnya.

Selain itu, Khairul Saleh juga menegaskan harus ada sinergritas dan komitmen bersama antara Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam menghadapi bencana serta menanggulanginya.

“saya berharap masyarakat dapat meningkatkan kerja sama dan sinergritasnya yang kuat dengan Pemerintah, dalam menanggulangi semua permasalahan, akibat yang akan ditimbul oleh bencana”, tegas dia.

0 komentar:

Google+ Followers