Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) ke -9 Tahun 2014, Di Kota Kandangan

Banjar Bertekad Pertahankan Juara Umum FASI 2014
Kabupaten Banjar bertekad mempertahankan prestasi juara umum Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) ke -9 Tahun 2014, berlangsung di Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Hal tersebut diutarakan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh melalui Wakil Bupati H Fauzan Saleh di sela penyerahan piala sebagai Juara Umum FASI 2012 sekaligus menghadiri acara Pembukaan FASI ke- 9 Tahun 2014, Kamis (29/5).
“Kami bertekad dan berjuang keras Kabupaten Banjar akan kembali mengulang sukses meraih Juara Umum FASI 2014. Sebab pada tahun 2012, saat FASI berlangsung di Pelaihari Tanah Laut, Kabupaten Banjar berhasil keluar sebagai juara umum,” ucap Fauzan Saleh

Pembukaan FASI berlangsung di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Kalimantan Selatan Drs. H. Herman Taufan ditandai dengan pemukulan beduk.
Pembukaan tersebut dihadiri Wakil Bupati Banjar H Akhmad Fauzan Saleh, Bupati / Walikota se-Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Kabupaten HSS, Ketua DPRD Kabupaten HSS, Rektor IAIN Antasari, unsur Muspida Kabupaten HSS, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS, Ketua DPP BKPRMI.

Turut hadir Ketua DPW BKPRMI Provinsi Kalsel, Ketua Dewan Masjid Indonesia Provinsi Kalsel, Para Kepala SKPD Kabupaten HSS, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD dan Perbankan, Ketua MUI Provinsi Kalsel, Ketua MUI Kabupaten HSS, dan alim ulama.
Festival Anak Saleh Indonesia tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tersebut diselenggarakan dari tanggal 28 sampai dengan 31 Mei 2014 dengan 19 Cabang perlombaan dan 31 kejuaraan, diantarannya 12 cabang lomba dengan 24 kejuaraan diikuti oleh santri putra dan santri putri dan 7 cabang lomba dengan 7 kejuaraan yang diikuti oleh santri oleh santri putra-putri dan atau campuran.

“FASI merupakan arena untuk menampilkan kemampuan anak-anak dalam seni baca Al Quran dan berbagai kemampuan anak terutama menyangkut kreatifitas dan aktivitas lainnya yang bernuansa Islami” ungkap Bupati HSS Drs. H A Fikry, M.AP pada saat memberikan sambutan. Selanjutnya, Bupati juga menghimbau kepada peserta lomba untuk memanfaatkan moment tersebut guna mengembangkan diri sekaligus mengukir presatsi serta mengharumkan nama daerah.

Ketua DPP BKPRMI dalam sambutannya yang penuh semangat juga turut memotivasi para ketua DPD agar bisa memberikan contoh kepada anggota dan remaja pada khususnya. “Jangan sampai Ketua setelah dilantik tidak lagi duduk di masjid untuk salat 5 waktu dan membaca Al Quran”, ia juga memotivasi untuk merangkul para remaja di sekitar lingkungannya walaupun tidak masuk dalam keanggotaan BKPRMI. Menurutnya sangat penting merangkul dan membina para remaja agar tidak terpengaruh oleh hal-hal buruk seperti narkoba dan pergaulan bebas.