Kualitas Caleg Incumbent Dan Diluar Incumbent Sama Saja

Kalau dilihat daftar calon tetap / DCT maka kita akan melihat mayoritas  mereka yang saat ini masih duduk menjadi anggota DPR RI , Dprd ,bahkan DPD RI kembali mencalonkan diri pada pemilu legislatif 2014 sekarang atau calon incumbent.

pengamat Politik dan Pakar hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Dr. Effendi  mengatakan masyarakat mestinya harus lebih jeli dan cerdas melihat calon legislatif yang incumbent sebab mereka merupakan bagian masalah yang terjadi selama ini, sebab banyak aspirasi masyarakat yang tidak tersalurkan dengan baik. Menurutnya harus ada karya nyata dari incumbent ,sehingga ia pantas atau tidak untuk dipilih kembali.

" tetapi fakta yang terjadi sekarang , justru calon incumbent yang mempunyai peluang lebih besar untuk terpilih kembali," ungkap DR. Effendi sambil geleng kepala. Tetapi Pengamat Politik ini tidak menampik jika calon diluar incumbent kualitasnya tidak berbeda jauh dengan incumbent yang ada sekarang, bahkan ia katakan sama saja.

" mestinya para wakil rakyat yang duduk di pusat mampu bersinergi  antara anggota DPR RI dan DPD RI memperjuangkan daerah yang diwakili sehingga pembangunan dan kemajuan bisa diraih, melalui penambahan anggaran di APBN yang sangat signifikan untuk daerah," terang DR. Effendi.

Menurutnya kalau kita melihat pembangunan di daerah lain diluar Kalimantan Selatan berkembang lebih baik berkat kemampuan wakil rakyatnya yang mampu memperjuangkannya sejak ditingkat nasional berupa pembagian anggaran APBN .Sedangkan yang terjadi sekarang ia merasa cukup sedih atas peran wakil  rakyat yang tidak bisa maksimal mewakili daerahnya.