Bupati Banjar Pimpim Deklarasi RI Bersih Sampah


            
Bupati Banjar Sukses Memimpin Deklarasi  RI Bersih Sampah

Disaksikan Menteri Lingkungan Hidup RI,  Prof  Dr Balthasar Kambuaya, MBA, Bupati Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Sultan H Khairul Saleh, sukses menunaikan tugas pemerintah  memimpin Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.
Paling membuat para pejabat negara dan tamu undangan, termasuk  Walikota Surabaya,  Ir Tri Rismaharini MT,  terkesan dengan pria yang juga tercatat sebagai Sekretaris Jenderal Kerapatan Sultan dan Raja se Borneo itu adalah,  saat memimpin  deklarasi bersama Walikota Probolinggo,   Hj Rukmini, dalam membacakan naskah deklarasi penuh dengan perasaan,  terdengar jelas sesuai dengan kaidah-kaidah Bahasa Indonesia.
Berdasarkan penelusuran harian ini, terpilihnya Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk memimpin Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020, karena dinilai sebagai seorang sosok kepala daerah yang memiliki komitmen kuat terhadap masalah lingkungan. Terbukti dari banyaknya prestasi lingkungan yang diperoleh pemerintah daerah setempat.
            Alumni Fakultas Teknik Unlam Banjarmasin ini juga terpilih sebagai kepala daerah  yang  diundang secara khusus oleh Kementerian Lingkungan RI, baru-baru tadi berkunjung ke Republik Ceko dan Jerman untuk melihat secara langsung pemanfaatan limbah pertanian untuk diolah menjadi energi   biogas massal.
 “Sebuah kehormatan bagi kami masyarakat  Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar khususnya, mendapat kepercayaan pemerintah  memimpin Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020,”  ucap Khairul Saleh,  saat dikonfirmasi wartawan media cetak dan elektronik,  usai acara Peringatan Hari Peduli Sampah 2014, di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Senin (24/2).
            Dijelaskan H Khairul Saleh,  Peringatan Hari Peduli  Sampah 2014, merupakan momen penting bagi daerah untuk mempertajam program-program kebersihan lingkungan, terutama manajemen tata pengelolaan sampah.
            Dalam acara yang dihadiri 52 bupati/walikota tercatat sebagai kepala daerah berprestasi di bidang lingkungan,  pelaku usaha, pemuka dan tokoh agama, Menteri Lingkungan Hidup RI, Prof  Balthasar Kambuaya, mengapresiasi tinggi kehadiran dan kepedulian kepala daerah yang turut mensukseskan Hari Peduli Sampah 2014, sekaligus Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.
            Menurut Menteri LH, kerja keras dan komitmen para kepala daerah sangat menentukan berhasil tidaknya harapan Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.
            “Kunci dari keberhasilan tersebut adalah penting seorang sosok kepala daerah yang penuh pengabdian tulus bersama masyarakat menciptakan lingkungan bersih,” ujarnya.
            Dikatakan Balthasar,  sebuah negara akan kuat jika memiliki SDM yang berdaya saing tinggi. Untuk mewujudkan harapan tersebut, diperlukan SDM-SDM yang sehat. SDM sehat akan bisa diwujudkan apabila didukung lingkungan sehat. Salah satunya, pentingnya mengurangi segala risiko dampak keberadaan sampah.
            “Sekali lagi, saya (pemerintah, red) sangat menghargai komitmen kuat kepala daerah yang berhadir di sini. Mereka semua layak disebut sebagai Pahlawan Lingkungan,” puji Menteri Lingkungan Hidup.