">

Kamis, 06 Desember 2012

Pertemuan Forum Komunikasi Penyuluh Pertanian,Perikanan Dan Perkebunan Kabupaten Banjar

PESERTA PERTEMUAN FORUM KOMUNIKASI PENYULUHAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN DITUNTUT BEKERJA SECARA OPTIMAL SESUAI PERAN DAN FUNGSINYA
Pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan secara umum, dan merupakan proses transformasi dari pertanian, perikanan dan kehutanan tradisional menjadi modern yang mampu memanfaatkan sumberdaya alam dan manusia secara optimal, mampu melakukan penyesuaian diri dengan pola dan kemampuan berinteraksi terhadap perubahan yang terjadi. Proses transformasi akan terlaksana, jika ada perubahan perilaku pengetahuan, sikap dan keterampilan dari pelaku utama dan pelaku usaha.
Sementara itu Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh melalui staf ahli bidang ekonomi dan keuangan Drs H Sofwan Soeryadi mengatakan, Berhasil tidaknya pelaksanaan penyelenggaraan penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan sangat ditentukan pelaksanaan fungsi dan tugas mereka dengan koordinasi berbagai pihak. Penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan sebagai ujung tombak pembangunan juga harus dapat menjadi motor penggerak bagi pelaku utama, pelaku usaha dan masyarakat serta sanggup menjadi motivator, informator, promotor dan komunikator serta mampu mengimplementasikan semua program-program pembangunan daerah. Kamis (6/12) di Aula Barakat Martapura.
“Untuk mencapai keberhasilan penyelenggaraan penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan, sangat perlu upaya dan kerja keras kita semua jajaran pertanian, perikanan dan kehutanan serta jajaran terkait. Kita juga harus terus mencari jalan keluar yang lebih baik guna mempercepat keberhasilan tersebut,” tandasnya.
Bupati juga berpesa kepada semua yang hadir, agar pertemuan ini menjadi media untuk menjalin silaturrahmi, menampung aspirasi dan saling bertukar pengalaman bagi petani, pekebun, nelayan, pembudidaya ikan, serta masyarakat sekitar.
“Melalui pertemuan ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan untuk saling berinteraksi dan berbagi pengalaman terkait pelaksanaan fungsi dan tugas sebagai penyuluh untuk merubah pengetahuan, sikap dan keterampilan pelaku utama dan pelaku usaha menjadi lebih baik dari segi produksi, produktifitas dan kesejahteraan.” Do’a Bupati Banjar.
Ia mengharapkan kepada seluruh aparat, penyuluh, pelaku utama dan pelaku usaha yang bergerak di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan, agar dapat bekerja secara optimal sesuai peran dan fungsinya untuk mempercepat pembangunan daerah yang kita cintai ini.
Ir H Eddy Hasby selaku Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan melaporkan, bahwa penyelenggaraan pertemuan Forum Komunikasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kab Banjar Tahun 2012, dihadiri oleh semua stakeholders penyuluhan pertanian perikanan dan kehutanan sebanyak 250 orang. Narasumber kegiatan ini berasal dari Sekretaris Daerah Kab Banjar,Kepala Bappeda Kab Banjar, Kepala BKD, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Kab Banjar.

0 komentar:

Google+ Followers