">

Rabu, 12 Desember 2012

Kemajuan Tekhnologi Informasi Di Kabupaten Banjar

KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI HARUS DISIKAPI DENGAN BIJAK

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia aparatur birokrasi yang handal dalam teknologi komunikasi dan informasi dilingkungan pemerintah kabupaten Banjar, pemerintah kabupaten Banjar melalui dinas Perhubungan, Komunikasi dan informatika kabupaten Banjar menggelar Seminar Media Komunikasi Interpersonal dengan tema Peran Teknologi Informasi dan komunikasi dalam menyongsong era digitalisasi gelobal pada, Rabu, 12 Desember 2012 di Aula Barakat Pemkab setempat.
Wakil Bupati Banjar Dr. H. A Fauzan Saleh saat membuka acara tersebut mengatakan, Pokok bahasan yang diseminarkan tersebut memang sangat menarik untuk diangkat kepermukaan, mengingat sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lainnya.
Untuk itu, atas nama pemerintah kabupaten Banjar ia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada semua pihak yang turut terlibat da lam penyelenggaraan seminar tersebut, terutama Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar.
Ia juga mengemukakan, Komunikasi yang efektif ditandai dengan hubungan interpersonal yang baik. Hubungan interpersonal diartikan sebagai hubungan antara seseorang dengan orang lain. Jika hubungan ini bersifat baik, maka akan timbul keterbukaan dan rasa saling percaya. Efektifitas komunikasi juga didukung dengan media yang berperan untuk menguatkan pesan yang ingin disampaikan.
Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, media komunikasi pun berkembang pesat dengan segala dampak positif maupun negatifnya. Teknologi ini digunakan untuk mempermudah berbagai aktivitas masyarakat. Tidak terkecuali dengan instansi pemerintah seperti Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar.
Kecanggihan media ini, tentunya mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan, hubungan dan mendapatkan informasi, tidak hanya di daerah, namun juga skala nasional bahkan internasional. Kondisi ini menyebabkan dunia terasa sangat dekat karena informasi tersebar dan dapat diketahui masyarakat luas dengan cepat dalam hitungan detik saja.
Segala kemudahan yang diperoleh akan kecanggihan media komunikasi tersebut harus tetap dicermati dengan bijak. Diperlukan peraturan sebagai pedoman penggunaan serta sumber daya manusia potensial agar penggunaan media komunikasi ini tepat dan efektif.
Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan informatika kabupaten Banjar Ir. Farid Sofyan, M.S dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari Seminar Media Komunikasi Interpersonal tersebut adalah untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat menyikapi teknologi informasi dan komunikasi secara arif dan bijaksana, yang pada gilirannya, masyarakat dapat memilih dan memilah dampak yang akan ditimbulakan oleh kemajuan teknonologi informasi tersebut.
Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan seminar tersebut adalah, untuk meningkatkan kapasitas masyarakat informasi dalam menerima dan memberikan informasi dan komunikasi secara bijak, sesuai dengan sandi-sandi kehidupan, khususnya dalam karakteristik warga masyarakat kabupaten Banjar yang terkenal dengan situasi agamis dan religius.
Seminar yang diselenggarakan satu hari tersebut mengikutsertakan unsur lembaga Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ormas kepemudaan, lembaga pendidikan, perguruan tinggi serta masyarakat umum.(say/ari/121212


ketrangan foto.
1. kadishub kominfo kab banjar H. farid sofyan sedang memberikan sambutan
2&3. wabub banjar H.A fauzan saleh sedang manyampaikan sambutan sekaligus membuka acara

0 komentar:

Google+ Followers