">

Selasa, 04 Desember 2012

Gempa Atau Bencana Lain Akibat Kehancuran Alam di Kabupaten Tabalong


Gunung Jinjir Walu tempat Kakekku berburu di masalalu hilang dan menjadi kawah berisi air akibat gunung dan hutannya di hancurkan oleh pertambangan Batubara.dulu hijau sekarang hitam bercampur debu.

Dimana sekarang Gunung jinjir walu apa masih ada di peta kabupaten Tabalong? Kalau anda mau tahu gunung jinjir walu cari warga Tabalong/ tanjung yang berusia 70 tahun keatas mungkin anda dapat petunjuk tentang gunung tersebut.

Sebelum ada pertambangan Batubara Gunung Jinjir Walu menurut salah satu warga Tabalong yang kini berusia sekitar 80 tahun merupakan tempat dia dan kakekku berburu rusa, kancil( pilanduk),namun sekarang jangankan hewan buruan, Gunungnya saja sudah tidak terlihat.

Menurutnya dulu ketika masih ada Gunung Jinjir Walu , ia mampu menahan kecepatan angin yang berhembus menuju kota Tanjung, sekarang angin berkecapatan tinggi tidak ada lagi yang menghalangi setelah gunung tersebut dipapas habis oleh rakusnya Pertambangan.

Gunung jinjir Walu hilang dalam Peta kabupaten Tabalong, Selanjutnya dimana Gunung Kakait. ?

Siapa Peduli dan Siapa Bertangung jawab lalu siapa yang menikmati uang dari Kehancuran tersebut? Silakan kita renungkan!

0 komentar:

Google+ Followers