SUKSES SEBENARNYA, ADALAH SUKSES BERSAMA ORANG LAIN

Keberhasilan pemerintah Kabupaten Banjar dalam melakukan pengelolaan tata pemerintahan yang baik, serta pelayanan publik yang cukup memadai, sehingga menjadi daya tarik tersendiri wilayah kabupaten kota lain untuk belajar dan ingin menimba ilmu serta ingin melihat secara langsung bagaimana semua itu bisa dicapai.
Salah satunya adalah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah yang menjadikan Kabupaten Banjar sebagai tempat Observasi Lapangan bagi peserta Diklat PIM IV angkatan XI Kabupaten Kapuas yang diterima secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Banjar pada, Selasa, 6 Nopember 2012 di Wisma Sultan Sulaiman Badan Kepegawaian Daerah Pemkab setempat.

Ketua Rombongan Observasi Lapangan bagi peserta Diklat PIM IV angkatan XI Kabupaten Kapuas tahun 2012 Suharjono, S.H dalam kesempatan tersebut melaporkan, Observasi Lapangan bagi peserta Diklat PIM IV angkatan XI adalah salah satu kebijakan kediklatan untuk memantapkan mutu penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan dilevel pejabat Esselon IV dalam penyelenggaraan birokrasi Pemerintah Daerah.
Ia menuturkan, Kegiatan Observasi lapangan merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari rangkaian kegiatan keseluruhan program kurikulum Diklat Pim tingkat IV yang telah diikuti peserta Diklat setelah mengikuti dan memperoleh pembekalan baik secara teori maupun pelaksanaan tugas-tugas Karya Tulis Perorangan dan kertas kerja kelompok yang sedang dijalani oleh semua peserta.
Disamping itu observasi lapangan juga bertujuan untuk menjadikan peserta Diklat untuk meningkatkan kematangan dalam kerjasama, dan berkoordinasi baik peserta dengan peserta, peserta dengan penyelenggara, maupun antara peserta dengan lokasi kegiatan. Karena salah satu indikator keberhasilan seorang pemimpin adalah dimana seorang pemimpin tersebut dapat sukses dan berhasil bersama orang lain.
Asisten II Setda Banjar Hary Supriadi didampingi Kepala BKD Banjar H. Khairil Anwar mewakili Pemerintah setempat saat menerima secara resmi peserta Observasi Lapangan bagi peserta Diklat PIM IV angkatan XI Kabupaten Kapuas tahun 2012 menyampaikan, selaku pribadi dan atas nama pemerintah Kabupaten Banjar menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan Diklat PIM IV Kabupaten Kapuas di kota Martapura Kabupaten Banjar.
Sungguh merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah Kabupaten Banjar mendapatkan kunjungan dari peserta Observasi Lapangan bagi peserta Diklat PIM IV angkatan XI. Dimana kunjungan tersebut menunjukkan kepada semua, bahwa daerah kabupaten Banjar dan kota Martapura khususnya, mempunyai daya tarik dan potensi tersendiri serta dapat membuat semua orang ingin mengetahui, mempelajari dan menggali serta mengkajinya lebih mendalam.
Hary Supriyadi juga mengutarakan, Kabupaten Banjar memiliki luas wilayah 4.668,50 Km2 atau sekitar 12,20 % dari luas wilayah Propinsi Kalimantan Selatan, memiliki 19 Kecamatan, 277 Desa, dan 13 Kelurahan dengan jumlah penduduk lebih dari 506.204 jiwa.
Secara administratif, Kabupaten Banjar berbatasan dengan Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan di sebelah Utara, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu disebelah Timur, Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarbaru disebelah Selatan, Kabupaten Barito Kuala dan Kota Banjarmasin disebelah Barat.
Ia juga mengharapkan, melalui kesempatan kunjungan kerja rombongan Diklat PIM IV ke Kabupaten Banjar, hendaknya para peserta juga dapat memberikan sumbangan pemikiran-pemikiran yang positif atas masalah yang mungkin peserta Diklat temukan di lapangan nanti. Pemikiran-pemikiran itu jelas sangat bermanfaat bagi Pemerintah setempat dalam melangkah kedepan, terutama dalam merumuskan kebijakan lebih lanjut di masa-masa mendatang.
Sementara itu peserta Observasi Lapangan bagi peserta Diklat PIM IV angkatan XI Kabupaten Kapuas tahun 2012 berjumlah 40 orang yang akan melakukan observasi selama tiga hari, yakni tanggal 6 sampai dengan 8 Desember 2012 dengan Lokus Observasi adalah Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga, BKD, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Banjar. (say/071112)


keternagn foto: 1. asisten II setda bajr DR. hary supriyadi, MA didampingi kepala BKD bjr drs. H. khairil Anwar menerima pelakat cendra mata dari ketua rombongan observasi diklat pim IV angkatan XI kab. kapuas Suharjono, SH
2. asisten II memberikan arahankepada peserta diklat