Pusat Budaya Masyarakat Banjar

Berdirinya dan bangkitnya Kesultanan Banjar di Kota ( Raja ) Martapura Kalimantan Selatan membuat masyarakat dunia lebih mengenal dan mengetahui ,bahwa di pulau Kalimantan Atau Borneo punya sebuah Kerajaan Islam yang besar dimasalalu. Kebesaran Kesultanan Banjar sebelumnya tidak banyak yang mengetahui dan catatan sejarahnya hanya tersimpan dinegeri Belanda.
source: gbr trihadmojo.student.umm.ac.id
Sejak dilantiknya Raja muda Kesultanan Banjar Pangeran H. Khairul Saleh yang membuka jendela dunia untuk dapat melihat lebih jauh tentang sejarah dan budaya masyarakat diKesultanan Banjar. Terlebih lagi Raja Muda Kesultanan Banjar telah telah banyak tampil diberbagai event nasional dan internasional, misalnya di festival Keraton Nusantara dan di festival Tong Tong Fair di eropa atau Kerajaannya Ratu Beatrix Belanda.

Kedepan dengan dibangunnya Istana Kesultanan Banjar atas prakarsa Raja Muda Kesultanan Banjar akan makin mengangkat kebudayaan Banjar ,sebab Istana Kesultanan tersebut selain dijadikan sebagai kediaman Sultan juga akan dijadikan sebagai pusat kebudayaan Banjar dan penggalian sejarah. Distana tersebut juga disiapkan tempat untuk pementasan berbagai seni dan budaya Banjar yang akan menjadikan Kalimantan Selatan Menjadi salah satu tempat tujuan wisata Budaya yang exotic dan menarik.

Dengan menjadi pusat kebudayaan dan menjadi tempat tujuan wisata secara otomatis akan menunjang perekomian masyarakat didaerah. Sehingga Keberadaan Kesultanan Banjar akan banyak memberi manfaat bagi masyarakat Banjar.