">

Jumat, 16 November 2012

Pengembangan Seni Tari Tradisional

Selasa pagi (06/11) Bupati Banjar yang diwakili oelh Asisten III pemkab Banjar Ir. H. Wildan Amin didampingi Kepala Disbudparpora Drs. H. Effani Redhan serta Ketua Gerakan Muda Pangeran Antasari Kalimantan Selatan Gt. Sulaiman Razak, secara resmi membuka workshop Seni Tari Budaya Banjar di lantai dua aula Wisma Sultan Sulaiman Martapura.
Ketua Panitia Pelaksana Drs. H. Abdul Ghani Fauzi menjelaskan, acara ini diikuti 40 orang peserta terdiri dari guru SD, SMP, SMA dan Sanggar Seni se-Kabupaten Banjar. “Workshop ini didasari oleh DPA-Perubahan SKPD Belanja langsung tanggal 27 Spetember 2012 pada kegiatan pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Daerah Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar,” terangnya.
Asisten III Pemkab Banjar Ir. H. Wildan Amin mengatakan, Di tengah derasnya arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang makin pesat, menyebabkan terjadinya pergeseran pada kehidupan sosial masyarakat, tidak terkecuali di Kabupaten Banjar. ”Dampak yang ditimbulkan pun kian beragam baik positif maupun negatif yang membawa banyak perubahan, terutama di kalangan generasi muda,” ujarnya.
Kegiatan ini dapat kita jadikan media untuk mengenalkan, mengembangkan serta melestarikan seni tari dan kebudayaan Banjar yang saat ini mulai tergerus oleh arus modernisasi. Sebagai warisan luhur nenek moyang, keanekaragaman budaya hendaknya menjadi kekuatan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, tegas Wildan.
Untuk itu, kami mengajak kepada yang hadir, lanjut wildan, untuk bersama-sama meningkatkan kecintaan akan budaya daerah, terutama seni tari tradisi Banjar sehingga nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya terus melekat di diri kita masing-masing.
Wildan Amin menambahkan, ”kepada dewan guru yang menjadi peserta pada kegiatan ini, kami juga berharap dapat memotivasi kalangan pelajar agar terus mengembangkan ragam budaya Banjar sebagai identitas daerah. Mudah-mudahan kerjasama dan upaya ini terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang”. Harap Wildan mengakhiri. (fii/ron/061112)

Martapura, 06 November 2012
Kasubbag Publikasi Bagian Humas Setda Banjar

0 komentar:

Google+ Followers