KKN IAIN Antasari Di Kab.Banjar

Selasa (13/11), ruang pertemuan Kantor Kecamatan Gambut dipenuhi 209 mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin dan 12 orang unsur pimpinan dan BP Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah menyelesaikan masa pengabdiannya di masyarakat.
Para mahasiswa ini telah melaksanakan program KKN di 40 desa di empat kecamatan (Gambut, Beruntung Baru, Tatah Makmur dan Aluh – Aluh) di Kabupaten Banjar.
Acara perpisahan yang ditutup Bupati Banjar dengan diwakili Staf Ahli Bupati Banjar Bidang Hukum dan Politik Drs. H. Muhammad Ali Hanafiah, M.AP, ini pun merasa yakin dengan semangat adik – adik mahasiswa dalam melaksanakan tugas dan kewajiban KKN sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat telah terlaksana dengan baik.
Terkait kondisi geografis tempat dilaksanakannya KKN yang sebagian merupakan daerah rawa, pemerintah daerah selalu melakukan perbaikan infrasturktur jalan. “Bila di Banjarbaru cukup sekali pemeliharaan jalan, maka di Aluh – Aluh pemerintah daerah melakukannya lima kali. Alhamdulillah tidak ada truk besar yang melintas,” terangnya.
Mengingat topografi Kabupaten Banjar separuh pegunungan dan separuh daerah rawa maka penerapan strategi pembangunan pun berbeda.
Ali Hanafiah menerangkan, mulai tahun 2011 pemerintah mengambil kebijakan dalam membangun infrastruktur jalan harus di siring dulu baru kemudian diaspal. “Bila tidak maka tahun depan dipastikan jalan desa tersebut akan mengalami penurunan,” jelasnya.
Ia pun menuturkan, pemerintah sangat tertarik terhadap hasil KKN para mahasiswa.“Kami telah memohon kepada Pembantu Rektor II IAIN Antasari agar hasil KKN ini secara paripurna dapat diberikan kepada pemerintah daerah,” jelasnya.
Sebab pemerintah daerah sangat perhatian terhadap hasil kajian dan penelitian kalangan perguruan tinggi. Dampaknya dapat mengurangi biaya – biaya penelitian yang cukup besar yang telah dianggarkan oleh pemerintah.
“Harapannya tentu saja hasil penelitian ini dapat memberdayakan masyarakat di Kabupaten Banjar,” pungkasnya.
Tampak hadir pada acara perpisahan ini Pembantu Rektor II IAIN Antasari Dr H Burhanuddin Abdullah MAg dan Camat Gambut Drs. H. Abdul Razak,M.AP. (ari/yanto).

Martapura, 13 Nopember 2012
Kasubbag Publikasi Bagian Humas Setda Banjar


Yanto Sugianto
NIP. 19570101 198203 1 034