">

Senin, 12 November 2012

Kabupaten Banjar Sehat

Martapura Hari Ini. Dua hari yang lalu kita memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November 2012. Karena itu, saya mengajak saudara-saudara untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan pejuang kesehatan yang telah mendahului kita. Mereka semua telah mengabdikan diri dan menyerahkan jiwa raganya bagi kemanusiaan dan kejayaan bangsa dan negara.
Itulah yang disampaikan Menteri Kesehatan RI dalam pidatonya untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang dibacakan oleh Wakil Bupati Banjar HA. Fauzan Saleh pada apel kerja gabungan lingkup Pemda Banjar, Senin pagi (12/11) di halaman kantor Pemda Banjar.
Pembangunan kesehatan, lanjut Fauzan, tidak mungkin berhasil tanpa dukungan, peran serta dan komitmen seluruh masyarakat. Pemerintah berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu dan menitik beratkan upaya promotif-preventif dengan tetap memperhatikan upaya-upaya kuratif-rehabilitatif.
Sejak tahun 2011. Pemerintah menyediakan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang berkisar antara Rp. 75 juta sampai Rp. 250 Juta per puskesmas per tahun. “Dana BOK dimaksudkan untuk mendukung kegiatan operasional puskesmas , termasuk pembinaan posyandu, percepatan penurunan angka kematian ibu dan anak, pemulihan gizi kurang dan gizi buruk di masyarakat,” ujar Fauzan.
Fauzan menjelaskan, sesuai amanat Undang-undang No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Undang-undang No. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). “Pada saat ini pemerintah sedang melakukan penyiapan pelaksanaan SJSN bidang kesehatan untuk mewujudkan jaminan kesehatan semesta atau universal health coverage”. Fauzan mengakhiri.
Sebelumnya Pemkab Banjar menyerahkan bingkisan kepada 6 orang tenaga kesehatan yang memasuki usia pensiun dan penyerahan Piagam Pengahrgaan Penilaian Kinerja Puskesmas tingkat kabupaten yang dijuarai oleh UPT Puskesmas Pengaron.
Pemkab banjar juga mendapatkan bantuan 3 buah kendaraan roda dua dari global fund Malaria 8 bagi pengelola malaria Dinkes Kabupaten Banjar, pengelola malaria UPT Puskesmas Sungai Pinang dan pengelola malaria UPT Puskesmas pengaron serta penyerahan 1 unit mobil operasional UPT Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Banjar kepada bapak Syahrul. (fii/hev/121112)

0 komentar:

Google+ Followers