GENERASI MUDA PERLU MEMANTABKAN 4 PILAR KEBANGSAAN

GENERASI MUDA PERLU MEMANTABKAN 4 PILAR KEBANGSAAN
Empat Pilar Kebangsaan merupakan suatu sistem yang tidak boleh ditinggalkan satupun, karena jika salah satu pilar tidak berfungsi maka bagian yang lain juga tidak akan bisa berfungsi normal. Demikian dikatakan Drs. Syahda Mariadi, M.Si saat membuka acara sosialisasi wawasan kebangsaan bagi pelajar SLTA sederajat di Aula Berakat Martapura, Selasa (30/31).


Empat Pilar tersebut adalah Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhenika Tunggal Ika Dan NKRI. Dalam Penyelenggaraan Pemerintahanpun jika satu kesatuan fungsi ini ada yang pincang maka roda pemerintaha tidak akan berjalan sempurna, tegas kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Banjar.

Empat Pilar Kebangsaan ini harus ditumbuh suburkan kepada generasi muda saat ini, melalui sosialisasi dan kegiatan serupa, karena dalam dunia pendidikan, materi ini sudah banyak dikurangi. Pemantaban Pilar Kebangsaan merupakan tanggung jawab bersama untuk tetap memupuk suburkan jiwa nasionalis kepada generasi penerus bangsa.
Dalam pendidikan formal, wawasan kebangsaan tersebut sangat penting untuk membekali generasi muda agar mencintai tanah air dan bangsa. Kalau pemantaban kebangsaan ini tidak segera digalakkan kembali, maka negeri ini akan menjadi rapuh dan bisa muncul tindakan terorisme karena kurangnya jiwa nasionalis.

Suhaimi selaku panitia mengatakan, maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan informasi dan bekal pengetahuan kepada peserta yang berkaitan dengan Wawasan Kebangsaan dan cinta tanah air serta hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan dan hasil Pembangunan pada umumnya serta mengimpun masukan-masukan sebagai kontribusi yang nyata dari para siswa dan dewan guru untuk dijadikan bahan pertimbangan pengambilan keputusan dan kebijakan pemerintah pada program pembangunan daerah Kalimantan Selatan menjadi lebih maju ke depan.

Kegiatan Road Show ini diikuti oleh 150 orang peserta terdiri dari gabungan beberapa Pelajar SLTA sederajat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar dengan metode ceramah penyampaian materi, tanya jawab atau dialog. Yang menjadi narasumber Kabid Kewaspadaan Nasional Drs M Arifin, Kabid Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi Dra Pudji Astuti, Kabid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Drs H Heriansyah. (pus Humas Banjar/301012)