">

Minggu, 13 Mei 2012

Sejarah Kota Tua Banjarmasin Dan Nasib Seribu Sungainya


Banjarmasin adalah kota tua yang dikelilingi oleh banyak anak sungai. Kondisi demikian membuat Banjarmasin dikenal juga sebagai kota dengan julukan Kota Seribu Sungai.

Sekarang ini sungai yang mengelilingi Kota Banjarmasin banyak yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya seperti dimasalalu.Sebab banyak sungainya yang makin mengecil akibat dari perkembangan zaman..Peningkatan jumlah penduduk dan ruas jalan memaksa banyak sungai yang dikorbankan..

Sungai yang ada dijalan Veteran atau Sungai Bilu sekarang ini makin dangkat dan menyempit akibat kebutuhan infrastruktur jalan dan pemukiman.Dimasa lalu Sungai yang ada dijalan veteran ini lebar dan dapat dilewati oleh kapal dan perahu sebagai jalur transportasi sungai/air.

Tidak hanya Sungai yang ada dijalan Veteran, Sungai yang berada dijalan Lambung Mangkurat juga tingal riwayat saja, dan bahkan tanpa ada riwayatnya.Sebab, banyak anak muda atau generasi muda yang tidak tahu sama sekali bahwa di Jalan lambung Mangkurat tersebut dulunya ada sungai disisinya.

Tidak pernah ada Pelajaran sejarah tentang sungai-sungai dan pembangunan kota Banjarmasin yang diajarkan.Buku-buku Panduan atau bahan referensinya juga tidak ada. Masyarakat tahunya dari penuturan dari para orang tua yang pernah hidup dizamannya y. Mestinya ada upaya untuk mengumpulkan data-data yang tersisa dimasyarakat tentang sejarah pembangunan kota Banjarmasin ini.

sungai di jalan Veteran

0 komentar:

Google+ Followers